Menteri Pertanian tinjau lokasi penanaman perdana 'food estate' di Kalteng

id Mentan ri tinjau food estate, menteri pertanian, syahrul yasin limpo, kalteng, kalimantan tengah, pulang pisau, kapuas, pertanian, padi

Menteri Pertanian tinjau lokasi penanaman perdana 'food estate' di Kalteng

Mentan RI Syahrul Yasin Limpo didampingi Gubernur Kalteng Sugianto Sabran (kanan) meninjau lokasi pengembangan food estate di Desa Belanti Siam, Pandih Batu, Pulang Pisau, Sabtu, ((12/9/2020). (ANTARA/Ho-BPKP Setda Kalteng)

Pulang Pisau (ANTARA) - Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo kembali mengunjungi Kalimantan Tengah pada Sabtu (12/9) untuk meninjau lokasi rencana penanaman padi perdana oleh Presiden Joko Widodo di kawasan pengembangan 'food estate'.

Rencana penanaman perdana oleh presiden tersebut telah disampaikan Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Kalteng Sunarti kepada ANTARA beberapa waktu lalu.

"Rencananya presiden pada akhir September 2020 mendatang melakukan penanaman perdana di kawasan pengembangan food estate Kalteng," kata Sunarti di Palangka Raya.

Adapun rencana lokasi penanaman perdana dimaksud, adalah Desa Belanti Siam Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau. Mentan tiba di Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya disambut Sekda Kalteng Fahrizal Fitri.

Terkait rencana pengembangan food estate tahap pertama 2020,  Sunarti memaparkan sebanyak 30 ribu hektare yang diproyeksikan terdiri dari 20 ribu hektare di Kapuas dan 10 ribu hektare di Pulang Pisau.

Kapuas diperkirakan musim tanam pada Oktober 2020 mendatang, sebab puncak panennya baru pada September 2020, sehingga persiapan olah lahan dan pembibitan memerlukan waktu.

Sedangkan Pulang Pisau musim tanam sudah bisa dimulai sejak September dan saat ini di wilayah tersebut sebagian besar sudah mulai dilakukan olah lahan.

Adanya program pengembangan food estate di Kalteng, diharapkan mendapat dukungan penuh dari semua pihak, termasuk masyarakat sehingga bisa dimanfaatkan secara optimal untuk peningkatan pembangunan pada berbagai sektor, maupun perekonomian dan kesejahteraan.


Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar