Operasi Yustisi mulai dilaksanakan di Sukamara

id Pemkab sukamara, sukamara, protokol kesehatan, operasi yustisi

Operasi Yustisi mulai dilaksanakan di Sukamara

Sejumlah masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan, yakni tidak menggunakan masker diberikan teguran sekaligus sanksi push up di tempat, Senin, (14/9/2020). (ANTARA/Donefrid Lalang)

Sukamara (ANTARA) - Kapolres Sukamara, Kalimantan Tengah AKBP I Gede Putu Dedy Ujiana mengatakan, Operasi Yustisi dilakukan secara gabungan bersama pemangku kepentingan lainnya untuk meningkatkan disiplin penerapan protokol kesehatan COVID-19.

“Langkah ini melihat eskalasi penyebaran COVID-19 yang terus mengalami peningkatan di Indonesia maupun Kalteng,” katanya di Sukamara, Senin.

Melihat data tersebut tentu sangat mengkhawatirkan, terlebih sejumlah daerah di Kalteng berstatus zona merah.

“Oleh karena itu, secara nasional kita bergerak serentak menginformasikan dan mengingatkan masyarakat selalu mematuhi protokol kesehatan. Salah satunya dengan kegiatan Operasi Yustisi ini,” ungkapnya.

Hal tersebut dilakukan, meski di Sukamara selama ini hanya ada terkonfirmasi positif dua orang dan itu sudah dinyatakan sembuh. Namun pihaknya tetap waspada sehingga dilakukan kegiatan imbangan terkait operasi tersebut.

“Secara regional maupun nasional kita bisa memberikan sumbangsih untuk pencegahan penyebaran COVID-19 ini, secara spesifiknya di Sukamara,” ungkapnya.

Mengingat operasi yustisi ini berdasarkan Peraturan Bupati, tentunya Satuan Polisi Pamong Praja yang lebih berperan, sedangkan kepolisiasn hanya mendampingi supaya kegiatan berjalan lancar, aman dan kondusif.

“Tetapi, apabila melihat trennya nanti meningkat tajam, maka secara suka tidak suka, mau tidak mau, akan dilakukan pendisiplinan yang lebih keras. Apakah nantinya menggunakan KUHAP atau menggunakan UU Wabah Penyakit, maupun UU tentang karantina kesehatan,” jelasnya.

 


Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar