Cara aman berhubungan intim bagi pengantin baru selama pandemi

id berhubungan intim,seks,pengantin baru,Cara aman berhubungan intim bagi pengantin baru selama pandemi

Cara aman berhubungan intim bagi pengantin baru selama pandemi

Ilustrasi (Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Bagi Anda yang baru saja menikah, mengenakan masker selama berhubungan intim di masa pandemi COVID-19 seperti saat ini bisa menjadi pilihan untuk mencegah terkena penyakit yang disebabkan virus SARS-CoV2 itu.

Dokter asal Kanada Dr. Theresia Tam mengatakan, cara ini seperti halnya aktivitas lainnya di masa pandemi yang melibatkan jarak fisik dekat.

"Pertimbangkan mengenakan masker yang menutupi hidung dan mulut," kata dia seperti dilansir dari WebMD, Rabu.

Selain masker, dia juga menyarankan meniadakan berciuman dan kontak wajah ke wajah, lalu memantau diri sendiri dan pasangan terkait gejala COVID-19.

Baca juga: Amankah berhubungan intim selama pandemi corona?

Sebenarnya, kemungkinan terkena COVID-19 melalui hubungan seksual rendah, tetapi bagi pasangan baru ada risikonya bisa meningkat melalui kontak dekat, seperti berciuman. Ingatlah seperti halnya semua interaksi sosial, cobalah untuk menjaga jumlah kontak dekat Anda jika memungkinkan.

Hal senada juga sempat diungkapkan peneliti melalui studi dalam jurnal Annals of Internal Medicine beberapa waktu lalu. Menurut peneliti, setiap bentuk kontak seksual secara langsung bisa membawa risiko terkena COVID-19 karena virus mudah ditularkan melalui aerosol.

“Saat ini tidak ada bukti virus penyebab COVID-19 ditularkan melalui air mani atau cairan vagina, tetapi virus terdeteksi pada air mani orang yang telah atau sedang dalam proses pemulihan dari virus tersebut,” kata Mayo Clinic.

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah virus penyebab COVID-19 dapat ditularkan secara seksual.

Baca juga: Seberapa bahaya berhubungan intim di kolam renang?

Baca juga: Berhubungan intim setelah kena serangan jantung, bolehkah?

Baca juga: Kebanyakan orang Indonesia berhubungan seks tanpa alat kontrasepsi