Bazar buku murah, pilihan menarik mengisi akhir pekan di Palangka Raya

id Disperpusip kalteng, bazar buku murah palangka raya, kalteng, kalimantan tengah, literasi, minat baca, literatur, dinas perpustakaan dan arsip daerah

Bazar buku murah, pilihan menarik mengisi akhir pekan di Palangka Raya

Salah seorang pengunjung bazar buku murah di Palangka Raya, Sabtu (26/9/2020). (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Palangka Raya (ANTARA) - Bazar buku murah yang digelar Dinas Perpustakaan dan Arsip (Disperpusip) Provinsi Kalimantan Tengah, menjadi salah satu pilihan menarik bagi masyarakat di Palangka Raya, untuk mengisi waktu liburnya pada akhir pekan.

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah daerah dalam memacu minat baca masyarakat, kata Sekda Kalteng Fahrizal Fitri, melalui Pelaksana Tugas Kadisperpusip Sri Widanarni di Palangka Raya, Sabtu.

"Berdasarkan evaluasi kami, kegiatan ini cukup efektif meningkatkan semangat maupun minat baca masyarakat," katanya.

Bazar buku murah rutin diselenggarakan setiap tahun, sebab antusiasme masyarakat sangatlah bagus. Tak hanya mereka dari kalangan pelajar maupun mahasiswa, masyarakat umum pun banyak yang datang berkunjung.

Sri memaparkan, bekerja sama dengan pihak ketiga yang berasal dari Yogyakarta, beragam jenis buku tersedia pada bazar tersebut. Mulai dari yang berkaitan pengetahuan umum, peningkatan kemampuan dan keterampilan, fiksi, pelajaran dan lainnya.

"Kami ingin bazar ini semakin menyemarakkan budaya literasi yang ada di Kalimantan Tengah. Kegiatan ini juga kami harapkan menjadi sarana bagi masyarakat, menemukan maupun menambah literatur yang dimiliki," ungkapnya.

Dalam setiap tahunnya kegiatan bazar buku diminati oleh masyarakat, sebab selain menyediakan berbagai jenis dan judul buku, harga yang ditawarkan sangat terjangkau jika dibandingkan kesempatan lainnya.

"Buku-buku yang tersedia pada bazar kali ini, diantaranya cukup banyak berkaitan dengan peningkatan pengetahuan dan keterampilan," ucap Sri.

Pihaknya ingin melalui berbagai literatur yang tersedia, bisa membantu masyarakat secara optimal meningkatkan kemampuan dan daya saing yang dimiliki.

Bazar buku murah ini diselenggarakan di halaman kantor Disperpusip Kalteng di Palangka Raya, dimulai sejak 25 September-25 Oktober 2020 mendatang.

Rencananya juga ada rangkaian kegiatan pendukung yang digelar selama bazar berlangsung, sehingga diharapkan masyarakat semakin nyaman dan tertarik untuk berkunjung.