Indosat Ooredoo nyatakan kesiapan membangun jaringan 5G

id Indosat Ooredoo,jaringan 5G,Indosat Ooredoo nyatakan kesiapan membangun jaringan 5G

Indosat Ooredoo nyatakan kesiapan membangun jaringan 5G

Ilustrasi logo Indosat Ooredoo (ANTARA/HO)

Jakarta (ANTARA) - Indosat Ooredoo mengumumkan kesiapan membangun jaringan transport untuk 5G yang didukung teknologi baru dari Cisco, yaitu arsitektur jaringan Software-defined Networking (SDN) terkonvergensi dan Segment Routing IPv6 (SRv6).

Indosat Ooredoo dan Cisco melanjutkan kerja sama yang telah berlangsung selama beberapa dekade untuk menghadirkan jaringan transport canggih di wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah.

"Didukung teknologi Software-Defined Network dan fungsi routing cerdas dari Segment Routing IPv6, jaringan tersebut siap untuk kebutuhan masa depan dan mendukung otomatisasi operasional," kata Chief Technology and Information Officer Indosat Ooredoo Medhat Elhusseiny dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Peluncuran Paket Freedom Internet dari Indosat Ooredo

Dikatakan, transformasi menuju jaringan transport SDN terkonvergensi akan mewujudkan simplifikasi jaringan, mengoptimalkan kapasitas dan meningkatkan skalabilitas jaringan, dengan menjaga latensi jaringan secara konsisten dan unggul.

Jaringan transport SDN tersebut secara bersamaan akan dapat mendukung layanan perusahaan dan bisnis, serta layanan fixed dan mobile broadband.

Jaringan baru ini secara menyeluruh didukung segment routing IPv6, yang menyajikan arsitektur jaringan terpadu dan policy-aware, dengan integrasi yang mulus antara domain transport dan domain data-center.

Segment routing juga mewujudkan kemampuan pemisahan jaringan dengan biaya yang efektif dan latensi rendah, yang merupakan salah satu prasyarat utama untuk layanan 5G.

Langkah penting ini akan mentransformasi arsitektur jaringan transport Indosat Ooredoo secara menyeluruh, sesuai komitmen untuk membangun salah satu jaringan transport paling modern di Asia Tenggara.

Dengan tranformasi ini, disertai penggelaran jaringan fiber optik yang sedang berlangsung, jaringan transport Indosat Ooredoo siap untuk memenuhi kebutuhan masa depan akan layanan konektivitas berkualitas tinggi dan scalable bagi pelanggan baik segmen ritel maupun bisnis, dengan performansi yang unggul dan konsisten.

Baca juga: Akhirnya jajaran iPhone 5G meluncur secara resmi

Baca juga: Pengembang Android diminta bersiap sambut era 5G

Baca juga: Google pamerkan ponsel 5G pertama, Pixel 4a dan Pixel 5