Legislator optimis dunia pendidikan di Gumas akan semakin maju

id Iceu Purnamasari,Legislator Gunung Mas,Legislator optimis dunia pendidikan di Gumas akan semakin maju

Legislator optimis dunia pendidikan di Gumas akan semakin maju

Legislator Gumas Iceu Purnamasari. (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Legislator Gunung Mas, Kalimantan Tengah Iceu Purnamasari mengaku optimis dunia pendidikan di kabupaten itu ke depan akan semakin maju dan berkembang, serta dapat bersaing dengan daerah lain.

Rasa optimis tersebut berdasarkan fakta berbagai prestasi yang diraih, baik itu oleh guru maupun peserta didik asal Gumas di berbagai ajang lomba, kata Iceu di Kuala Kurun, Selasa.

“Prestasi terbaru, guru asal SMP Negeri 3 Tewah yakni ibu Aida Mantuh berhasil menjadi juara 1 pada pemilihan guru berprestasi jenjang SMP tingkat provinsi 2020. Saya apresiasi prestasi ibu Aida,” ucapnya.

Baca juga: Bupati Gumas: Hari Pahlawan jadi momentum bersatu memutus mata rantai penyebaran COVID-19

Dia berharap prestasi yang dicapai Aida Mantuh dapat menjadi acuan bagi guru-guru yang lain untuk terus menggali potensi masing-masing, sehingga nantinya akan membawa kebaikan bagi peserta didik.

Gumas mengirimkan tiga orang perwakilan untuk mengikuti Pemilihan Guru dan Kepala Sekolah Berprestasi tingkat provinsi pada tahun 2020 ini. Dia pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh perwakilan Gumas.

“Dengan mengikuti berbagai ajang tersebut, terbukti bahwa perwakilan dari Gumas memiliki kualitas yang baik dan tidak kalah dengan daerah lain,” tutur politisi Partai Golkar ini.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Gumas Esra mengatakan seorang guru asal SMP Negeri 3 Tewah, Aida Mantuh, menjadi juara 1 pada pemilihan guru berprestasi jenjang SMP tingkat provinsi 2020.

Baca juga: Guru dari Gumas wakili Kalteng pada Pemilihan Guru Berprestasi Nasional

“Karena ibu Aida Mantuh ini menjadi juara 1 jenjang SMP tingkat provinsi, maka dia akan mewakili Kalteng pada pemilihan guru berprestasi jenjang SMP tingkat nasional pada tahun 2021 mendatang,” ucap Esra di Kuala Kurun, Selasa.

Dia menerangkan, sebenarnya Pemkab Gumas mengirimkan tiga orang perwakilan untuk mengikuti pemilihan guru, serta kepala sekolah berprestasi baik itu kepala sekolah jenjang SD maupun SMP tingkat provinsi 2020.

Untuk kepala sekolah berprestasi jenjang SD, Gumas diwakili oleh Kepala SD Negeri Mangkuhung Kecamatan Miri Manasa yakni Joni Gara. Sedangkan kepala sekolah berprestasi jenjang SMP, Gumas diwakili oleh Kepala SMP Negeri 1 Kahayan Hulu Utara Elprid Junjung.

Hanya saja, sambun dia, Joni Gara dan Elprid Junjung tidak berhasil menjadi juara 1 pada pemilihan kepala sekolah berprestasi tingkat provinsi 2020, sehingga mereka berdua tidak menjadi wakil Kalteng di tingkat nasional.

“Mereka yang mengikuti pemilihan guru dan kepala sekolah berprestasi tingkat provinsi telah berupaya semaksimal mungkin untuk meraih prestasi dan mengharumkan nama Gumas. Ini patut kita apresiasi,” demikian Esra.

Baca juga: DPRD Gumas ingin program PTSL gencar disosialisasikan

Baca juga: Legislator Gumas himbau pemotongan hewan ternak dilakukan di RPH

Baca juga: BST dari Pemkab Gumas mulai disalurkan kepada 4.798 KPM