Cagub Sugianto terpapar COVID-19, Satgas di Kotim tingkatkan pemantauan

id Cagub Sugianto terpapar COVID-19, Satgas di Kotim tingkatkan pemantauan, gubernur Kalteng, Sugianto Sabran, Sugianto terpapar COVID-19, Sugianto terja

Cagub Sugianto terpapar COVID-19, Satgas di Kotim tingkatkan pemantauan

Pelaksana Harian Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kotawaringin Timur, Multazam saat laporan dalam rapat evaluasi penanganan COVID-19 Kalimantan Tengah, Selasa (17/11/2020) lalu. ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Kotawaringin Timur meningkatkan pemantauan pasca calon Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran mengumumkan secara terbuka bahwa dirinya terkonfirmasi positif COVID-19.

"Belum lama ini kan beliau ada berkunjung ke Kotawaringin Timur sehingga ini tentu menjadi perhatian kami karena dihadiri masyarakat. Kami punya jadwal kunjungannya," kata Pelaksana Harian Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kotawaringin Timur, Multazam di Sampit, Kamis.

Multazam mengimbau masyarakat tidak panik menyikapi kejadian ini. Masyarakat diimbau tetap menjaga kesehatan dan tidak stres sehingga imunitas tubuh tetap bagus dan tidak mudah terserang penyakit.

Diperlukan kejujuran masyarakat untuk mencegah hal yang tidak diinginkan. Hanya diri sendiri yang lebih tahu apakah pernah ada kontrak erat dengan pasien positif COVID-19 atau tidak.

Bagi warga yang merasa kontak erat dengan pasien positif COVID-19, disarankan melakukan isolasi mandiri dan tetap menjaga kesehatan. Ini sebagai antisipasi mencegah penularan jika ada yang terpapar COVID-19.

Masa inkubasi virus ini diperkirakan antara 7 hingga 14 hari. Namun bagi warga yang ada keluhan sakit, diminta segera memeriksakan diri ke rumah sakit agar tim medis bisa mengambil langkah cepat untuk memastikan penyebab dan penanganannya.

Baca juga: Bazar buku di tengah pandemi COVID-19 tetap disambut antusias

Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kotawaringin Timur sudah menyiapkan skema penanganan jika ada warga yang ikut terpapar COVID-19. Pelacakan pun akan langsung dilakukan untuk mencegah meluasnya penularan virus mematikan tersebut.

"Hal terpenting, jangan sampai panik karena kalau stres maka imun tubuh akan menurun dan itu menyebabkan mudah terserang penyakit. Tetap semangat dan jaga kesehatan," kata Multazam.

Multazam menyarankan masyarakat selalu mengonsumsi makanan bergizi dan buah, serta beristirahat dan berolahraga teratur agar imunitas tubuh terus meningkat. Ini harus dilakukan karena imunitas tubuh yang baik akan dapat menangkal penularan COVID-19.

Masyarakat juga diingatkan mematuhi protokol kesehatan dengan melaksanakan 3M yaitu memakai masker saat beraktivitas di luar rumah, menjaga jarak dan mencuci tangan menggunakan sabun.

Baca juga: Saatnya kawasan utara menjadi fokus pembangunan Kotim

Baca juga: APBD Kotim bukan milik kelompok tertentu

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar