Dinas PUPR Barito Utara touring adventure ke Haragandang

id dinas pupr barito utara,touring trail adventure,desa haragandang,barut

Dinas PUPR Barito Utara touring adventure ke Haragandang

Jembatan Sei Intu Desa Haragandang Kecamatan Lahei yang dilakukan pengecekan oleh Touring Trail Adventure Dinas PUPR Barito Utara, Sabtu (21/11/2020). ANTARA/HO-Dinas PUPR Barito Utara

Muara Teweh (ANTARA) - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, melaksanakan Touring Trail Adventure ke Desa Haragandang Kecamatan Lahei.

Dalam kegiatan touring trail adventure ke Desa Haragandang yang merupakan desa paling pedalaman  Sungai Lahei  (anak Sungai Barito)  di Kecamatan Lahei  ini diikuti Kepala Dinas PUPR Muhammad Iman Topik, para kepala bidang (Kabid), kepala seksi (Kasi), staf teknis dan rider yang diperkirakan berjumlah kurang lebih 30 orang.

"Kegiatan ini sekaligus dalam rangka pengecekan kondisi jalan perusahaan daerah sebagai sarana penunjangan dalam rangka pembangunan infrastruktur dan kesiapan pelaksanaan Pilkada 9 Desember 2020 untuk Kecamatan Lahei dan Lahei Barat,” kata Kadis PUPR Muhammad Iman Topik yang langsung memimpin kegiatan Touring Trail Adventure ke Desa Haragandang, Sabtu.

Topik juga mengatakan rute yang dilalui yaitu melalui Jembatan KH Hasan Basri, Jalan H Koyem kemudian masuk samping Politeknik Muara Teweh dan langsung keluar di Jingah-Jambu terus ke Tugu Malawaken langsung belok kiri.

Kemudian Jalan Malawaken, sampai Simpang Lahei I, Jembatan Gantung Lahei I yang masuk ke Lahei II. 

"Tim Touring Trail Adventure Dinas PUPR akan beristirahat di depan Pos dekat Pasantren, selanjutnya perjalanan dilanjutkan ke daerah Duta Nurcahaya Muara Bakah," kata Topik.

Kemudian perjalanan di lanjutkan ke Desa Muara Inu, dan dilanjutkan mengambil jalur kanan masuk jalur jalan Perusda hingga ke Karendan. 

"Dari Karendan nanti apakah kita akan tembus ke Haragandang, karena disana ada jembatan yang dilalui," katanya.
 
Dinas PUPR Barito Utara melaksanakan kegiatan Touring Trail Adventure ke Desa Haragandang Kecamatan Lahei, Sabtu (21/11/2020).ANTARA/HO


Topik juga mengatakan bahwa kegiatan ini bukan kompetisi, atur jaga dan kendalikan unit masing-masing. 

"Yang perlu dijaga adalah keselamatan diri masing-masing, dan tidak perlu memacu kendaraan, artinya disesuaikan dengan keadaan.Target kita bukan waktu tapi keselamatan dan kebersamaan. Mudah-mudahan kegiatan kita ini berangkat bersama dan pulang pun kita bersama," kata dia. 

Dalam kegiatan touring trail adventure Dinas PUPR berhasil tembus ke Desa Haragandang.

Baca juga: Dinas PUPR Barut perbaiki kerusakan Jalan Kandui-Ketapang

Baca juga: Jalan Km 34 Simpang Thamrin hingga Simpang Liju sudah bisa dilewati


"Alhamdulillah kami dan tim berhasil tembus ke Desa Haragandang, walaupun jalur Perusda yang dilalui cukup ekstrim karena pada saat tim touring trail adventure melalui jalan tersebut cuaca tidak mendukung (hujan)," ucapnya.

Dia menjelaskan, secara umum jalan Perusda hingga Haragandang dinyatakan baik dan dapat digunakan warga masyarakat setempat. Masyarakat terbantu dengan akses jalan tersebut sehingga dapat lebih memudhkan dari dan ke ibu kota Kecamatan Lahei.

Dalam kegiatan tersebut Dinas PUPR dan tim Touring Trail Adventure yang ikut dalam kegiatan tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah. 

Baca juga: Tujuh jembatan Kandui-Tongka sudah fungsional

Baca juga: Bupati Barut instruksikan perbaikan jalan rusak dan longsor


"Kegiatan ini tidak hanya sekedar touring dan olahraga bersama, namun lebih mengutamakan pelaksanaan tugas dalam rangka menindaklanjuti beberapa usulan warga masyarakat terkait infrastruktur jalan dan jembatan di wilayah Kecamatan Lahei," jelas dia.

Tim Touring juga melakukan pengecekan pembangunan jembatan Desa Malawaken Lahei I yang putus akibat terjangan banjir, kemudian pengecekan jembatan Sei Intu Desa Haragandang dan beberapa infrastruktur lainnya. 

“Pengecekan infrastruktur jalan dan jembatan di wilayah Kecamatan Lahei ini sudah lama telah di usulkan oleh warga setempat agar segera dilakukan perbaikan," ujar Muhammad Iman Topik. 

Baca juga: Dinas PUPR cek pembangunan jembatan Tumpung Laung-Sikan

Baca juga: Dinas PUPR Barut perbaiki kerusakan jalan di Km 34 Simpang Benangin

Baca juga: 21 tiang Jembatan Tumpung Laung-Sikan digeser

Pewarta :
Uploader : Admin 1
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar