Pengurus KPP DPRD Kapuas diharapkan perkuat peran gender

id DPRD Kalimantan Tengah,DPRD Kabupaten Kapuas,Kapuas,Kaukus Perempuan Parlemen Kapuas,Ketua Kaukus Perempuan Parlemen

Pengurus KPP DPRD Kapuas diharapkan perkuat peran gender

Ketua Kaukus Perempuan Parlemen Kabupaten Kapuas Sera Sintanola menyerahkan Plakat atau cendramata kepada Ketua Kaukus Perempuan Parlemen Provinsi Kalimantan Tengah, Andina Theresia Narang, usai pelantikan, Senin (23/11). ANTARA/ All Ikhwan

Kuala Kapuas  (ANTARA) - Ketua Kaukus Perempuan Parlemen DPRD Kalimantan Tengah Andina Theresia Narang mengharapkan Pengurus KPP yang ada di DPRD Kabupaten Kapuas, dapat semakin memperkuat peran gender dalam hal ini pengambilan keputusan di lembaga legislatif.

Harapan itu disampaikan Andina usai melantik secara resmi kepengurusan Kaukus Perempuan Parlemen DPRD Kabupaten Kapuas untuk masa bahkti 2020-2024 di gedung paripurna DPRD setempat, Senin.

"Selain bertugas sebagai anggota legislatif, pengurus KPP juga berperan penguatan regulasi guna menjamin peran serta perempuan dalam membangun kerjasama antar kelompok di lingkungan yang ramah bagi kaum perempuan," ucapnya.

Menurut Legislator dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini, bahwa Kaukus Perempuan Parlemen sangat diperlukan keberadaannya di daerah mengingat kesetaraan gender melalui peningkatan keterwakilan perempuan di parlemen merupakan salah satu isu yang secara aktif harus diperjuangkan.

Baca juga: Komisi I DPRD Kapuas kunjungan kerja ke Kalsel

Sementara itu, Ketua Kaukus Perempuan Parlemen Kabupaten Kapuas Sera Sintanola mengatakan dengan dilantiknya Pengurus Kaukus Perempuan Parlemen periode 2020-2024, diharapkan dapat memberi spirit serta dapat meningkatkan peran perempuan dalam proses pembangunan semakin tinggi.

"Selain itu, diharapkan kepengurusan Kaukus Perempuan Parlemen DPRD Kabupaten Kapuas ini juga, akan berperan meningkatkan kualitas politikus perempuan," kata Sera katanya.

Kemudian, tambahnya, Kaukus Perempuan Parlemen nantinya lebih meningkatkan keterwakilan perempuan dalam setiap proses pengambilan kebijakan politik dan pembangunan secara seimbang dan adil.

"Karena gerbang bagi perempuan untuk menempuh posisi-posisi utama dalam politik semakin terbuka dan meningkat,” kata Legislator dari Partai NesDem ini.

Sementara dalam pelantikan tersebut, dihadiri Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kapuas Muhammad Nafiah Ibnor, Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Kapuas Yohanes dan Wakil Ketua II DPRD Kapuas,  Evan Rahman Saputra, Anggota DPRD Kapuas, Unsur Forkopimda Kapuas, Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Septedy, Kepala OPD lingkup Pemkab Kapuas serta Organisasi Kewanitaan.

Baca juga: Rahmad Jainudin pimpin Pansus Hak Interpelasi DPRD Kapuas

Baca juga: Legislator Kapuas apresiasi KPU gunakan sistem daring lengkapi DPT

Baca juga: DPRD Kapuas apresiasi sosialisasi pendidikan pemilih dan pembentukan relawan

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar