Amazon dikabarkan sedang negosiasi pembelian 'startup' podcast

id Amazon,podcast,Amazon dikabarkan sedang negosiasi pembelian 'startup' podcast

Amazon dikabarkan sedang negosiasi pembelian 'startup' podcast

Ilustrasi podcast (Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Amazon dilaporkan sedang dalam pembicaraan untuk membeli startup podcast Wondery dengan valuasi lebih dari 300 juta dolar AS.

Dikutip dari Reuters, Kamis, menurut sumber yang mengetahui informasi tersebut, pembicaraan kesepakatan dan negosiasi sedang berlangsung.

Bulan lalu, Apple dan Sony Music Entertainment telah mengadakan pembicaraan tentang kemungkinan membeli Wondery, dengan kemungkinan penjualan sekitar 300 juta dolar AS hingga 400 juta dolar AS.

Sementara itu, Spotify yang telah terlebih dahulu mengakuisisi Anchor senilai lebih dari 100 juta dolar AS tampaknya berbuah manis.

Baca juga: Benarkah Spotify akan hadirkan fitur 'Stories'?

Dalam data yang dirilis berjudul "2020 Wrapped for Podcasters," perusahaan musik alir asal Swedia itu mengatakan Anchor, yang membuat perangkat lunak pembuatan podcast, memberdayakan 80 persen podcast baru di Spotify tahun ini, yang berarti perangkat lunak tersebut menyumbangkan lebih dari 1 juta podcast ke Spotify.

Secara keseluruhan, Anchor memotori 70 persen dari total katalog podcast Spotify atau sekitar 1,3 juta dari lebih dari 1,9 juta podcast.

Lebih jauh, dikutip dari The Verge, Kamis, Spotify mengatakan lima pasar teratas Anchor pada 2020, berdasarkan jumlah total podcast adalah Amerika Serikat, Brasil, Indonesia, Meksiko dan Inggris.

Di Indonesia, Spotify menandatangani sembilan podcast secara eksklusif. Sementara itu, pasar dengan pertumbuhan tercepat, melihat kenaikan bulanan rata-rata di acara-acara baru, adalah India, Meksiko, Brasil, Argentina dan Indonesia.

India menyumbang hampir 40.000 podcast yang dibuat oleh Anchor dan telah tumbuh dengan rata-rata peningkatan 22 persen dari bulan ke bulan pada 2020.

Baca juga: Sandi pengguna Spotify disetel ulang setelah kebocoran data

Baca juga: Kini Apple Watch langsung tersambung ke Spotify tanpa perlu koneksi ke iPhone

Baca juga: Pengguna Spotify naik jadi 320 juta