Bahas penanganan COVID-19, DPRD Kalteng terima kedatangan DPRD Riau

id DPRD Kalimantan Tengah ,Kalimantan Tengah ,Kalteng,Ketua Komisi 1 DPRD Kalteng,Freddy Ering,Duwel Rawiing,DPRD Kalteng,Siti Nafsiah,Kuwu Senilawati

Bahas penanganan COVID-19, DPRD Kalteng terima kedatangan DPRD Riau

DPRD Kalimantan Tengah dan DPRD Riau saling bertukar cinderamata usai melakukan pertemuan di ruang rapat gabungan DPRD Kalteng di Palangka Raya, Jumat (11/12/2020). ANTARA/Sekretariat DPRD Kalteng

Palangka Raya (ANTARA) - DPRD Kalimantan Tengah mendapat kunjungan pimpinan dan anggota DPRD Provinsi Riau, yang datang untuk menggali informasi terkait penanganan pandemi virus corona atau COVID-19 hingga dampak ekonomi dan sosial serta bantuan sosial.

Ketua Komisi 1 DPRD Kalteng Freddy Ering usai melakukan pertemuan dengan DPRD Riau di Palangka Raya, Jumat, mengatakan bahwa pihaknya telah memberikan informasi terkait apa yang telah dilakukan provinsi ini dalam menangani pandemi COVID-19.

"Kami juga sudah menyampaikan cara provinsi ini menangani dari segi dampak ekonomi, sosial, kesehatan, dan pengawasan dari penyaluran Bantuan Sosial (Bansos), penggunaan anggaran dan sebagainya," ucapnya.

Selain memberikan informasi, pihak DPRD Kalteng juga menggali apa yang telah dan akan dilakukan oleh Pemerintah Provinsi dan DPRD Riau dalam menangani pandemi COVID-19 serta dampak ekonomi dan sosial.

"Kami ingin mengetahui juga seperti apa penanganan di Provinsi Riau. Siapa tahu ada yang berbeda dan bisa juga dilaksanakan di Kalteng. Jadi, ada saling bertukar informasi lah," kata Freddy Ering.

Sementara itu, Ketua rombongan DPRD Provinsi Riau Markurius Anwar mengaku, pihaknya mendapatkan banyak informasi dan pelajaran dari DPRD Kalteng dalam berperan menangani pandemi COVID-19, termasuk penyediaan anggaran hingga pengawasan terhadap penyaluran bantuan sosial.

Baca juga: Alexius dilantik jadi Anggota DPRD Kalteng gantikan Irawati

Dia mengatakan kondisi dan persoalan DPRD Kalteng pun nyaris sama dengan yang dialami DPRD Riau. Di mana sama-sama kurang dilibatkan dalam rasionalisasi anggaran oleh pemerintah provinsi.

"Dari pertemuan ini, kami juga mendapat inspirasi untuk membentuk panitia khusus (pansus) dalam mengawasi penggunaan anggaran COVID-19 hingga penyaluran bantuan. Ini rencananya akn kami realisasikan," kata Markurius.

Dalam pertemuan dengan DPRD Provinsi Riau itu, Freddy Ering turut didampingi Ketua Komisi III DPRD Kalteng Duwel Rawing, Wakil Ketua Komisi III Siti Nafsiah, Sekretaris Komisi III Kuwu Senilawati, serta lainnya.

Baca juga: Ketua DPRD minta kebersamaan di Kalteng tetap dijaga dan ditingkatkan

Baca juga: Fraksi Gabungan di DPRD Kalteng minta tata batas segera diselesaikan

Baca juga: Legislator Kalteng minta infrastruktur di Sukamara diperhatikan