PLN akan lanjutkan pembangunan jaringan untuk empat desa di Gumas

id gumas,pln,gunung mas,PLN akan lanjutkan pembangunan jaringan untuk empat desa di Gumas,Plt Manajer PLN ULP Kuala Kurun Agung Darmawan 580 Views

PLN akan lanjutkan pembangunan jaringan untuk empat desa di Gumas

Bupati Gumas Jaya S Monong (kanan) berdiskusi dengan Plt Manajer PLN ULP Kuala Kurun Agung Darmawan di Kuala Kurun, Selasa (5/1/2021). (ANTARA/HO – Protokol dan Perjalanan Setda Gumas)

Kuala Kurun (ANTARA) - Perusahaan Listrik Negara akan melanjutkan pembangunan jaringan listrik untuk empat desa di wilayah Kecamatan Manuhing, Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, pada tahun 2021 ini.

Plt Manajer PLN ULP Kuala Kurun Agung Darmawan saat dihubungi dari Kuala Kurun, Rabu mengatakan bahwa empat desa tersebut adalah Bereng Jun, Fajar Harapan, Belawan Mulya, dan Bangun Sari.

“Pembangunan jaringan listrik di empat desa tersebut dimulai pada tahun 2020. Awalnya ditargetkan selesai dan dapat melayani masyarakat pada Hari Listrik Nasional tahun 2020, namun terpaksa ditunda,” ucapnya.

Dia menyebut, penundaan pembangunan jaringan listrik terpaksa dilakukan karena ada permasalahan eksternal di salah satu desa tadi. Adanya permasalahan di satu desa mempengaruhi pelaksanaan pembangunan di desa lain.

Baca juga: Ketersediaan beras di Kabupaten Gunung Mas masih aman

Dari informasi yang didapat, ujar dia, permasalahan eksternal tersebut sudah selesai. Dengan selesainya permasalahan eksternal maka PLN dapat melanjutkan pengerjaan pembangunan jaringan listrik di empat desa tadi.

“Setelah sempat tertunda, pembangunan jaringan listrik untuk Bereng Jun, Fajar Harapan, Belawan Mulya, dan Bangun Sari akan dilanjutkan dan ditargetkan selesai tahun 2021 ini. Semoga semua berjalan lancar,” tuturnya.

Lebih lanjut, pada tahun 2021 ini pembangunan jaringan listrik juga akan dilakukan di kecamatan lain. Kecamatan yang sudah pasti dilakukan pembangunan jaringan listrik adalah Miri Manasa.

Baca juga: Pemkab Gumas jadi contoh pembayaran listrik tepat waktu

Satu kecamatan yang sedang diperjuangkan agar juga dilakukan pembangunan jaringan listrik adalah Damang Batu. PLN ULP Kuala Kurun sudah mengajukan ke pusat, namun belum mendapat jawaban.

“Sebetulnya ada satu lagi kecamatan yang belum mendapat pelayanan dari PLN, yakni Manuhing Raya. Namun tahun 2021 ini yang bisa diajukan untuk pembangunan jaringan listrik hanya dua kecamatan,” bebernya.

Bupati Gumas Jaya S Monong berharap pembangunan jaringan listrik di empat desa wilayah Manuhing dapat berjalan baik dan lancar. Pemkab juga siap mendukung pembangunan jaringan listrik di sana.

Dia juga berharap nantinya pembangunan jaringan listrik pada tahun 2021 ini tidak hanya dilakukan di Miri Manasa, namun juga di Damang Batu. Terlebih akses jalan menuju Damang Batu dan Miri Manasa dapat dibilang sudah siap.

Baca juga: Pemkab Gumas berusaha gali PAD dari pengelolaan TPA

Baca juga: Legislator Gumas sambut baik kuota ratusan guru PPPK

Baca juga: DPU Gumas diminta gencar sosialisasikan rencana pembangunan Jembatan Sei Kahat

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar