Bupati Kotim apresiasi hotel bantu UMKM 'naik kelas'

id Bupati Kotim apresiasi hotel bantu UMKM

Bupati Kotim apresiasi hotel bantu UMKM 'naik kelas'

Bupati Kotawaringin Timur Supian Hadi memukul gong menandai dibukanya Kotim Fair, Jumat (12/2/2021) sore. ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Bupati Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, Supian Hadi mengapresiasi kepedulian hotel berbintang di Sampit yang membantu pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk "naik kelas" dengan menjual produk UMKM lokal di hotel mereka.

"Saya berterima kasih Hotel Aquarius yang sudah siap membantu pelaku UMKM kita sehingga tamu hotel bisa membeli produk-produk UMKM. Saya minta Disdagperin untuk membuatkan stan yang bagus bagi produk UMKM untuk ditempatkan di Aquarius," kata Supian Hadi saat membuka Kotim Fair, Jumat sore.

Sektor UMKM salah satu yang terdampak pandemi COVID-19. Penjualan anjlok sehingga penghasilan para pelaku ekonomi kerakyatan ini juga menurun drastis.

Namun Supian yakin sektor UMKM lebih kuat bertahan dalam menghadapi situasi ini. Bupati yang berlatar belakang seorang pengusaha ini juga sudah pernah merasakan pengalaman serupa sehingga dia memberi semangat kepada pelaku UMKM untuk tidak putus asa untuk melewati masa-masa sulit ini.

Selama pandemi COVID-19, pelaku UMKM banyak memaksimalkan pemasaran melalui media sosial atau secara online. Ini memang sangat memungkinkan di tengah pemberlakuan protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19.

Kini sektor UMKM mulai membaik, sejalan dengan upaya pemerintah memulihkan ekonomi, salah satunya melalui kegiatan Kotim Fair. Namun, kata Supian, penerapan protokol kesehatan menjadi syarat mutlak yang harus dijalankan dalam setiap kegiatan ekonomi.

Kepedulian pengusaha perhotelan juga akan sangat membawa dampak positif dalam membantu pelaku UMKM. Supian menilai, membantu memajang produk UMKM di hotel tidak akan merusak pemandangan atau mengganggu tamu hotel.

Produk-produk UMKM lokal sudah dikemas dengan baik. Artinya, produk UMKM Kotawaringin Timur tidak hanya dijual di warung atau toko kecil, tetapi juga sudah sangat layak "naik kelas" dijual di pusat perbelanjaan modern dan dipajang di hotel.

Justru, ini akan mempermudah pelaku UMKM untuk berbelanja untuk dikonsumsi sendiri maupun dibawa pulang ke daerah mereka sebagai oleh-oleh khas dari Kotawaringin Timur. Kini tinggal kepedulian perhotelan untuk turut membantu memulihkan ekonomi, khususnya sektor UMKM.

Baca juga: Tanah Kotim sangat cocok untuk budidaya porang

"Hunian hotel juga mulai kembali meningkat sehingga ini juga menjadi pasar bagi produk UMKM. Saya berharap kepedulian Hotel Aquarius ini juga diikuti oleh hotel-hotel lainnya di Sampit ini. Mari kita bantu UMKM untuk kembali bangkit," ucap Supian Hadi.

Ketua UMKM Harati Berkah, Rahmat Noor menyampaikan terima kasihnya kepada manajemen hotel tersebut yang telah membuka diri dan peduli membantu pelaku UMKM. Dia berharap ini bisa segera direalisasikan sehingga pemasaran produk UMKM lokal Kotawaringin Timur semakin luas.

"Kami sudah berbicara dengan manajemen Hotel Aquarius. Bahkan mereka mencicipi langsung produk-produk yang akan kami pajang di sana dan mereka suka karena rasanya memang enak. Mudah-mudahan ini menjadi awal yang baik bagi kebangkitan UMKM Kotawaringin Timur," kata Rahmat yang juga Ketua Panitia Kotim Fair.

Pria yang akrab disapa Rahmat Kotim ini juga meminta pemerintah daerah memberi kemudahan perizinan produk dan memfasilitasi pelaku UMKM agar bisa masuk ke ritel-ritel modern sehingga pemasaran produk UMKM lokal semakin luas.

Rahmat mengaku yakin, dengan perhatian serius pemerintah daerah dan semua pemangku kepentingan, sektor UMKM akan kembali bangkit meski pandemi COVID-19 belum berakhir. Pihaknya juga tetap menjalankan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan untuk mencegah penularan COVID-19.

Baca juga: Berdampak positif, 'Kotim Fair' akan digelar tiap tiga bulan

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2021