Komunitas Jumat Sedekah Muara Teweh berbagi kepada warga

id kjs muara teweh,komunitas jumat sedekah,wfc

Komunitas Jumat Sedekah Muara Teweh berbagi kepada warga

Komunitas Jumat Sedekah (KJS) Muara Teweh Kabupaten Barito Utara usai membungkus dan membagikan sedekah hasil dari donasi dan bantuan dari warga Muara Teweh, Jumat (19/2/2021).ANTARA/HO-KJS Muara Teweh

Muara Teweh (ANTARA) - Komunitas Jumat Sedekah (KJS) Muara Teweh membuka lapak sayur, sembako gratis, makanan dan lainnya  kepada masyarakat setempat.

Berbagi setiap Jumat berkah ini dilakukan di lokasi Water Front City (WFC) Jalan Panglima Batur Muara Teweh, Jumat.

Ketua Komunitas Jumat Sedekah, Taufik Durahman saat ditemui di lokasi pembagian sedekah, di areal WFC mengatakan bahwa  Jumat merupakan hari yang istimewa atau momen yang baik berbagi kepada masyarakat menjadi lebih dapat dirasakan manfaatnya.

"Berbagi sayur dan sembako serta makanan lainnya ini akan lebih bermanfaat di masa pandemi COVID-19 seperti saat ini. Yang datang ke sini kami tidak memandang status sosialnya baik itu orang miskin atau yang berada (kaya), akan tetapi yang kebanyakan orang-orang yang kurang mampu," katanya.

Menurut dia, kondisi ekonomi masyarakat saat ini yang seret karena penurunan pendapatan hingga kehilangan pekerjaan, menuntut mereka untuk berupaya lebih gigih agar dapur tetap mengepul. Pembagian sayur mayur dan sembako gratis ini bertujuan untuk memastikan agar kebutuhan pangan masyarakat tetap terpenuhi.

"Kegiatan ini diadakan sebagai bentuk kesadaran bahwa saling bantu diantara masyarakat adalah kunci kesuksesan untuk bangkit dari keterpurukan ekonomi di masa pandemi COVID-19," kata dia.

Dalam kegiatan tersebut, warga masyarakat dalam Kota Muara Teweh merespon dengan baik kegiatan tersebut. Karena dapat membantu mengurangi beban warga untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga.

"Insya Allah kegiatan ini terus dilakukan rutin setiap Jumat pagi. Besar harapan agar semakin banyak orang baik yang tergerak untuk saling bantu melalui KJS Muara Teweh. Setiap melakukan pembagian sedekah ini selalu ada yang mengantarkan sedekahnya kepada kami untuk dibagikan kembali kepada warga," kata upik panggilan akrabnya.

Dia mengatakan selain membagikan sedekah pada Jumat, Komunitas Jumat Sedekah Muara Teweh juga melakukan bakti sosial membantu korban bencana alam, dan memberikan bantuan ke panti asuhan yang ada dalam Kota Muara Teweh.

"Bagi warga masyarakat yang rejekinya berlebih bisa menyalurkan bantuannya atau donasi langsung ke KJS Muara Teweh atau langsung ke nomor Rekening BNI 0992019998  atas nama Komunitas Jumat Sedekah. Insya Allah bantuan atau sedekah yang disalurkan para donatur kepada kami akan kami salurkan kembali kepada warga yang menerimanya," kata Taufik.

Komunitas Jumat Sedekah Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara beranggotakan sekitar 50 orang yang didirikan pada awal Februari 2019 lalu, hingga saat ini tetap eksis setiap hari Jumat melakukan kegiatan berbagi makanan, sayuran dan lainnya kepada warga di daerah ini.