Pemeliharaan jalan dalam Kota Kuala Kurun segera dimulai

id Pemeliharaan jalan kota kuala kurun, Pemkab gumas, gunung mas, kuala kurun, wabup gumas, efrensia lp umbing, kalteng, kalimantan tengah

Pemeliharaan jalan dalam Kota Kuala Kurun segera dimulai

Wakil Bupati Gumas Efrensia LP Umbing menyampaikan jawaban terhadap pandangan umum fraksi pendukung DPRD Gumas, saat rapat paripurna di Kuala Kurun, Jumat, (19/3/2021). (ANTARA/Ho-Diskominfosantik Gumas)

Kuala Kurun (ANTARA) - Wakil Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah Efrensia LP Umbing mengatakan, pemeliharaan jalan dalam Kota Kuala Kurun yang mengalami kerusakan akan segera dimulai.

“Sesuai ketersediaan anggaran dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran Dinas Pekerjaan Umum Gumas tahun anggaran 2021, kegiatan pemeliharaan jalan rencananya akan dimulai minggu ketiga Maret,” ucapnya saat rapat paripurna di Kuala Kurun, Jumat.

Perempuan pertama yang menjadi Wakil Bupati Gumas itu menerangkan, saat ini upaya pemeliharaan jalan dalam kota tersebut masih dalam tahap persiapan tenaga kerja dan material yang dibutuhkan.

Selain itu, pemkab melalui DPU setempat juga akan melakukan perbaikan terhadap Jembatan Sei Patangoi yang terletak di Desa Tumbang Anoi, Kecamatan Damang Batu.

“Terkait Jembatan Sei Patangoi yang kondisinya rusak berat, saat ini dalam tahap persiapan pelaksanaan dan target pelaksanaannya pada April-Juli 2021,” jelas Efrensia yang juga pernah menjabat sebagai Sekda Gumas.

Lebih lanjut, untuk empat proyek multiyears atau tahun jamak juga terus berjalan. Kemajuan fisik pekerjaan keempat proyek multiyears tersebut beragam antara satu dengan lainnya, per 28 Februari 2021.  

Dia menyebut, untuk peningkatan ruas jalan Desa Parempei, Kecamatan Rungan Barat menuju Harang Karamat, Desa Bereng Jun, Kecamatan Manuhing, kemajuan fisik pekerjaan sebesar 14,50 persen.

Selanjutnya peningkatan ruas jalan penghubung Kelurahan Tumbang Miri menuju Desa Batu Tangkoi, Kecamatan Kahayan Hulu Utara, menuju Kelurahan Tumbang Marikoi, Kecamatan Damang Batu, kemajuan fisik pekerjaan sebesar 12,83 persen.

Kemudian, sambung dia, peningkatan ruas jalan penghubung Kelurahan Tumbang Miri menuju Desa Tumbang Sian, Kecamatan Kahayan Hulu Utara menuju Kelurahan Tumbang Napoi, Kecamatan Miri Manasa, kemajuan fisik pekerjaan sebesar 10,04 persen.

Selain itu ada pembuatan pile slab menuju oprit Jembatan Sei Kahayan di Kecamatan Sepang yang kemajuan fisik pekerjaan sebesar 22,54 persen. Jembatan tersebut akan menghubungkan Desa Sepang Kota dan Kelurahan Sepang Simin.

Sebelumnya, Fraksi PDI Perjuangan DPRD Gumas melalui juru bicara Elvi Esie meminta tanggapan kepada pemkab terkait beberapa hal, diantaranya pemeliharaan jalan dalam Kota Kuala Kurun yang mengalami kerusakan, perbaikan Jembatan Sei Patangoi dan kemajuan proyek multiyears.