Bunda PAUD Kotim berperan penting mendukung generasi berkualitas

id Bunda PAUD Kotim berperan penting mendukung generasi berkualitas, Kalteng, Sampit, Kotim, Khairiyah, bunda paud, paud, Kotawaringin Timur

Bunda PAUD Kotim berperan penting mendukung generasi berkualitas

Bunda PAUD Provinsi Kalimantan Tengah Yulistra lvo Sugianto Sabran saat Hj Khairiyah Halikinnor sebagai Bunda PAUD Kabupaten Kotawaringin Timur, Sabtu (27/3/2021). ANTARA/HO-Diskominfo Kotim

Sampit (ANTARA) - Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Provinsi Kalimantan Tengah Yulistra lvo Sugianto Sabran berharap peran aktif Bunda PAUD Kabupaten Kotawaringin Timur untuk mendukung terciptanya generasi berkualitas di daerahnya.

"Bunda PAUD memiliki peran penting dan strategis, salah satunya dapat menjadi wadah untuk pemenuhan hak aspirasi anak dalam rangka kemajuan daerah," kata Yulistra Ivo saat memimpin pengukuhan Bunda PAUD Kotawaringin Timur, Sabtu.

Yulistra Ivo mengukuhkan Hj Khairiyah Halikinnor sebagai Bunda PAUD Kabupaten Kotawaringin Timur masa bakti 2021-2025. Dia memimpin pengukuhan secara virtual melalui konferensi video dari Aula Serba Guna, Istana lsen Mulang di Palangka Raya.

Khairiyah Halikinnor yang merupakan istri Bupati Halikinnor itu ditetapkan sebagai Bunda PAUD Kabupaten Kotawaringin Timur karena dinilai merupakan sosok ibu yang mempunyai perhatian dan kepedulian sangat tinggi terhadap mutu pendidikan PAUD di Kabupaten Kotawaringin Timur.

PAUD dinilai memiliki peran yang strategis dalam pengembangan sumber daya manusia Indonesia, termasuk di daerah. PAUD merupakan wadah untuk memaksimalkan pencapaian tumbuh kembang anak, sehingga kelak mereka akan menjadi modal pembangunan yang memiliki daya saing tinggi, sehingga mampu membawa daerah dan negara ini lebih maju.

Dukungan, partisipasi dan peran serta masyarakat, khususnya peran istri kepala pemerintahan dan kepala daerah sangat diharapkan. Peran Bunda PAUD sebagai penggerak utama diharapkan dapat menggerakkan semua pihak untuk mewujudkan Gerakan Nasional PAUD Berkualitas melalui kepedulian dan pemberdayaan peran serta masyarakat.

Keberhasilan Bunda PAUD dalam pembinaan layanan PAUD Berkualitas dapat dilihat dari peningkatan angka partisipasi kasar (APK) PAUD dan jumlah lembaga layanan PAUD, jumlah desa yang memperoleh layanan PAUD dan dukungan dana APBD dan sumber lain.

Baca juga: Penumpang asal Jawa Timur meninggal di kapal saat menuju Sampit

Indikator lainnya yaitu meningkatnya kerjasama kemitraan dengan berbagai pemangku kepentingan terkait dengan layanan PAUD berkualitas, meningkatnya kesadaran, partisipasi dan peran serta masyarakat dalam mendukung gerakan PAUD Berkualitas, meningkatnya partisipasi masyarakat tentang pengetahuan pola asuh, kesehatan, gizi, perawatan, pengasuhan dan perlindungan anak, serta terwujudnya lingkungan ramah anak.

Sementara itu usai dikukuhkan sebagai Bunda PAUD Kotawaringin Timur, Khairiyah langsung memimpin ikrar pengukuhan Bunda PAUD Kecamatan se-Kabupaten Kotawaringin Timur. Ini sebagai bentuk komitmen bersama untuk memajukan PAUD di daerah ini.

Sementara itu, hadir dalam kegiatan itu yaitu Siti Nurul Chasanah sebagai Bunda PAUD Kecamatan Mentaya Hilir Utara, Ninuk Muji Rahayu sebagai Bunda PAUD Kecamatan Kota Besi, Muna Kaspi Ubaidillah sebagai Bunda PAUD Kecamatan Cempaga Hulu, Maria Sita Syahrial sebagai Bunda PAUD Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Sitti Feriana Robama Eddy Mashami sebagai Bunda PAUD Kecamatan Pulau Hanaut, Lesty Affiani sebagai Bunda PAUD Kecamatan Seranau, Endah Tri Winantu Siyono sebagai Bunda PAUD Kecamatan Parenggean dan Sarifah Salimah Rusmanto sebagai Bunda PAUD
Kecamatan Tualan Hulu.

"Saya mengajak dan meminta dukungan kita semua untuk bersama-sama meningkatkan dan memajukan PAUD di daerah kita demi terciptanya generasi berkualitas," demikian Khairiyah.

Baca juga: Legislator dorong pengembangan Pantai Satiruk perkuat pariwisata Kotim