Waket DPRD Seruyan sarankan pengobatan gratis untuk lansia

id Wakil Ketua DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Bambang Yantoko, Waket DPRD Seruyan, DPRD Seruyan, Kabupaten Seruyan, Seruyan, Kalteng, lansia

Waket DPRD Seruyan sarankan pengobatan gratis untuk lansia

Wakil Ketua I DPRD Seruyan Bambang Yantoko di Kuala Pembuang, kemarin, (9/11/2020). ANTARA/Radianor

Kuala Pembuang (ANTARA) - Wakil Ketua DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Bambang Yantoko mendorong sekaligus menyarankan pemerintah setempat melalui Dinas Kesehatan, agar memfasilitasi program pengobatan gratis kepada masyarakat lanjut usia.

"Saya juga berharap agar diadakan fasilitas pengobatan gratis bagi masyarakat,  khususnya lansia di Desa Tabiku, Kecamatan Seruyan Raya," kata Bambang di Kuala Pembuang, Senin.

Menurut dia, program pengobatan gratis tersebut tentunya akan sangat membantu masyarakat terutama para lansia yang memang kurang mampu untuk mendapatkan pelayanan kesehatan sebagaimana mestinya. Sebab, para lansia rentan sakit akibat daya tahan atau imune tubuh sudah mengurang, sehingga pemberian pengobatan secara gratis sangat perlu dilakukan.

Wakil rakyat Seruyan itu mengatakan, di masa pandemi seperti sekarang ini, akan sangat banyak lansia yang mengalami dampak dari segi ekonomi yang semakin menurun sehingga sangat menyulitkan bagi mereka. Maka dari itu, dirinya menyarankan agar dinas terkait bisa melakukan dan memberikan fasilitas kesehatan gratis untuk para lansia tersebut setidaknya minimal satu bulan sekali.

"Itu juga merupakan aspirasi dari masyarakat yang ada di wilayah setempat. Karena dengan demikian tentunya akan memberikan kemudahan bagi mereka yang hendak memeriksa kesehatan dan berobat," kata Bambang.

Baca juga: Bupati Seruyan dan istri dinyatakan positif COVID-19

Politisi Partai Golongan Karya (Golkar) itu menambahkan, program tersebut sangat diperlukan oleh masyarakat khusunya para lansia, karena kebanyakan lansia inikan sudah tidak bekerja lagi, sehingga cukup kesulitan bagi mereka untuk membayar untuk periksa kesehatan mereka.

"Kebanyakan lansia ini sudah tidak bisa bekerja lagi, dengan begitu tentunya mereka akan kesulitan dalam membayar saat memeriksa kesehatananya, oleh karenanya program ini memang sangat penting dan sangat diperlukan masyarakat," demikian bambang.

Baca juga: Pembenahan drainase kawasan kota menjadi perhatian DPRD Seruyan

Baca juga: Waket DPRD Seruyan: ASN jangan keluyuran saat jam kerja