Tim Saber Pungli pantau kantor pelayanan publik di Kapuas

id Tim Saber Pungli pantau kantor pelayanan publik di Kapuas, Kalteng, kapuas

Tim Saber Pungli pantau kantor pelayanan publik di Kapuas

Tim Satgas Saber Pungli Kabupaten Kapuas, saat mengunjungi salah satu Kantor Pelayanan Publik di Kabupaten Kapuas, belum lama ini. ANTARA/HO-Diskominfo Kapuas

Kuala KapuasĀ  (ANTARA) - Tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, melakukan pengawasan sekaligus memberikan sosialisasi ke sejumlah kantor pelayanan publik di daerah setempat, Sabtu kemarin.

“Kedatangan Saber Pungli pada tempat-tempat pelayanan publik ini adalah untuk melakukan sosialisasi stop pungli, bahwa tidak ada pungutan liar di tiap-tiap sentra pelayanan,” kata Ketua Pelaksana Saber Pungli Kabupaten Kapuas, Iqbal Sengaji di sela kegiatan, Sabtu.

Kunjungan Tim Satgas Saber Pungli ini dipimpin langsung oleh Ketua Pelaksana Saber Pungli yang juga Wakapolres Kapuas Kompol Iqbal Sengaji, selaku didampingi Kepala Inspektur Kabupaten Kapuas Heri Bowo, berserta seluruh tim Satgas Saber Pungli lainnya.

Kantor pelayanan publik yang didatangi Tim Satgas Saber Pungli saat itu diantaranya Kantor Pelayanan Polres Kapuas, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/ Badan Pertanahan Nasional (BPN), Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT), Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) serta Dinas Perhubungan Kabupaten Kapuas.

Usai mengunjungi kantor pelayanan publik di daerah setempat, tim memasang atau menempelkan stiker Saber Pungli pada masing-masing kantor pelayanan.

Baca juga: Kapolda Kalteng dorong vaksinasi COVID-19 secara masif di Kapuas

Pungutan liar tidak hanya berdampak kecil pada buruknya kualitas pelayanan masyarakat. Bila hal tersebut dibiarkan, pada akhirnya juga menjalar ke hal yang lebih luas lagi. Pungli juga melemahkan daya saing nasional.

“Sosialisasi ini bertujuan agar mekanisme sesuai dengan peraturan undang-undang tetap berjalan sebagaimana mestinya dan UPP Saber Pungli juga menerima pengaduan masyarakat yang terkait dengan pelayanan perangkat daerah,” terang Iqbal.

Sementara itu, Kepala Inspektur Kabupaten Kapuas Heri Bowo, menambahkan bahwa dengan kunjungan Satuan Tugas Sapu Bersih Pungli UPP Kabupaten Kapuas, mengharapkan agar perangkat daerah yang memberikan pelayanan kepada masyarakat bekerja dengan baik dan tidak mempersulit yang berurusan juga tidak ada lagi pungutan.

“Kepada seluruh pelayanan publik yang ada di Kabupaten Kapuas agar dapat memberikan pelayanan yang transparan dan akuntabel,” demikian Heri Bowo.

Baca juga: Tim gabungan gelar simulasi penanggulangan karhutla di Kapuas