Legislator Gumas ajak seluruh pihak implementasikan Pancasila

id Legislator Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah ,Untung Jaya Bangas ,dprd gumas,pancasila,Legislator Gumas ajak seluruh pihak implementasikan Panca

Legislator Gumas ajak seluruh pihak implementasikan Pancasila

Legislator Kabupaten Gumas Untung Jaya Bangas (tengah) dan Rayaniatie Djangkan (kanan) berbincang dengan awak media, di Kuala Kurun, Senin (31/5/2021). (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Legislator Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Untung Jaya Bangas mengajak seluruh pihak di kabupaten itu untuk mengimplementasikan Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Setiap sila dari Pancasila harus kita implementasikan, karena Pancasila merupakan dasar negara kita yang tertuang dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945,” ucap Untung di Kuala Kurun, Senin.

Politisi Partai Demokrat ini mengatakan, sila pertama Pancasila berbunyi Ketuhanan Yang Maha Esa. Artinya masyarakat harus memiliki toleransi antarumat beragama di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sila kedua Pancasila berbunyi Kemanusiaan yang adil dan beradab. Artinya, kebijakan pemerintah harus memiliki nilai keberadaban dan kemartabatan, memperhatikan kemanusiaan yang adil dan beradab.

Baca juga: Legislator Gumas minta PPL kerja keras dampingi petani

Sila ketiga Pancasila berbunyi Persatuan Indonesia. Artinya seluruh pihak harus bersatu dalam membangun NKRI, termasuk dalam hal ini masyarakat di kabupaten bermoto Habangkalan Penyang Karuhei Tatau.

Sila keempat Pancasila berbunyi Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan. Salah satu contonya masyarakat memberi tugas dan tanggung jawab kepada wakil mereka di legislatif.

“Misalnya ada sesuatu yang ingin disampaikan bisa menyampaikan kepada DPRD,” papar wakil rakyat dari daerah pemilihan III yang meliputi Kecamatan Tewah, Kahayan Hulu Utara, Miri Manasa, dan Damang Batu ini.

Kemudian sila kelima Pancasila berbunyi Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Artinya program pemerintah memiliki suatu keadilan dan sama rata bagi seluruh rakyat Indonesia. Dia berharap sila per sila dari Pancasila dapat diimplementasikan oleh seluruh pihak.

Lainnya, Legislator Kabupaten Gumas Rayaniatie Djangkan mengajak seluruh masyarakat untuk menjadikan peringatan Hari Kelahiran Pancasila yang jatuh pada 1 Juni sebagai momentum untuk menjalankan tugas dengan baik, sesuai tanggung jawab masing-masing.

“Masyarakat Gumas saya harap tetap semangat berjuang di tengah pandemi COVID-19, berjuang demi keluarga, masyarakat, serta pembangunan di kabupaten ini,” kata politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini.

Baca juga: DPRD Gumas tekan perusahaan batu bara perbaiki jalan menuju Tahura Lapak Jaru

Baca juga: Bupati Gumas: Jika serius, budidaya jagung hibrida akan menguntungkan

Baca juga: Legislator Gumas: BUMDesma harus rencanakan dengan matang pembangunan Pertashop