KNPI Kotim serukan pemuda jadi teladan sukseskan vaksinasi COVID-19

id KNPI Kotim serukan pemuda jadi teladan sukseskan vaksinasi COVID-19, Kalteng, KNPI, KNPI Kotim, Sampit, Kotim, Kotawaringin Timur

KNPI Kotim serukan pemuda jadi teladan sukseskan vaksinasi COVID-19

Ketua DPD KNPI Kotawaringin Timur Endra Rosana mengikuti vaksinasi untuk pemuda yang dilaksanakan Puskesmas Baamang I, Senin (7/6/2021). ANTARA/HO-KNPI

Sampit (ANTARA) - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Kotawaringin Timur menyerukan kepada masyarakat, khususnya kaum muda menyukseskan program vaksinasi COVID-19 untuk memutus mata rantai penularan sehingga pandemi ini segera berakhir.

"Hari ini kami dari KNPI mengikuti vaksinasi COVID-19. Selain untuk melindungi diri dan orang lain, kami berharap ini juga bisa menyadarkan masyarakat, khususnya pemuda tentang pentingnya vaksinasi ini," kata Dewan Pengurus Daerah KNPI Kotawaringin Timur, Endra Rosana di Sampit, Senin.

Endra bersama pengurus KNPI lainnya mengikuti vaksinasi COVID-19 di Puskesmas Baamang I. Pihaknya sangat berterima kasih kepada pemerintah daerah dan terkhusus Puskesmas Baamang I yang bersedia melayani vaksinasi untuk KNPI dan organisasi kepemudaan mengikuti vaksinasi.

Menurut Endra, sangat penting bagi pemuda untuk ikut menyukseskan program vaksinasi COVID-19. Selain agar diri sendiri terlindungi dari COVID-19, partisipasi pemuda akan membawa dampak psikologis bagi masyarakat secara luas.

Dia yakin, jika pemuda ramai-ramai mengikuti vaksinasi maka akan menjadi teladan bagi masyarakat untuk ikut divaksin. Apalagi jika pemuda memanfaatkan hobi dan kemampuan mereka dalam hal teknologi informasi dengan mengunggah foto kegiatan vaksinasi secara masif maka dampaknya akan sangat luas dalam membantu mensosialisasikan program vaksinasi.

Pemuda juga diharapkan ikut membantu mengedukasi masyarakat tentang pentingnya vaksinasi. Tidak dipungkiri, saat ini masih ada warga yang enggan mengikuti vaksinasi dengan berbagai alasan, namun umumnya akibat pengaruh informasi keliru yang mereka dapatkan terkait dampak vaksinasi.

Masyarakat harus mewaspadai karena potensi penularan COVID-19 di Kotawaringin Timur masih cukup tinggi. Hingga Senin siang, masih ada 213 orang warga yang menderita COVID-19, bahkan sebagian harus dirawat di ruang isolasi RSUD dr Murjani Sampit karena memiliki komorbid atau penyakit penyerta.

Baca juga: Legislator Kotim minta refocusing APBD tidak korbankan program pokir

Secara khusus Endra meminta seluruh pengurus dan kader KNPI di seluruh kecamatan untuk mengikuti vaksinasi dan membantu menyukseskan program vaksinasi. Semakin banyak warga yang divaksinasi maka semakin banyak pula yang memiliki imunitas tubuh yang baik sehingga potensi penularan COVID-19 semakin kecil.

Endra juga mengajak masyarakat menyadari bahwa vaksinasi ini bagian dari upaya pemerintah dalam memulihkan ekonomi dengan memutus mata rantai penularan COVID-19. Sangat ironis jika ada yang menuntut pemerintah melakukan pemulihan ekonomi, namun di satu sisi tidak mendukung upaya yang dijalankan pemerintah, salah satunya program vaksinasi massal ini.

KNPI mengimbau pemuda di seluruh kecamatan, kelurahan dan desa untuk aktif membantu pemerintah menangani pandemi COVID-19. Protokol kesehatan wajib dijalankan untuk mencegah penularan virus mematikan tersebut.

"Kami sangat berterima kasih kepada bupati yang telah merespons aspirasi pemuda untuk dilaksanakan vaksinasi bagi pemuda karena pemuda juga merupakan aset daerah untuk ikut serta membangun daerah. Terima kasih juga kepada Puskesmas Baamang 1 untuk teknis pelaksanaan yang kami anggap sudah luar biasa pelayanan yang dilakukan," demikian Endra.

Baca juga: Pemkab Kotim persiapkan pembelajaran tatap muka tahun ajaran baru