DPRD sarankan buka kebun tebu dan pabrik gula mini di Seruyan

id Anggota DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Harry Darmawan, DPRD Kabupaten Seruyan, Kabupaten Seruyan, Seruyan, DPRD Seruyan, Kalteng ,pabrik t

DPRD sarankan buka kebun tebu dan pabrik gula mini di Seruyan

Anggota DPRD Seruyan Harry Darmawan di Kuala Pembuang.ANTARA/Radianor

Kuala Pembuang (ANTARA) - Anggota DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Harry Darmawan menyarankan sekaligus meminta kepada Pemerintah setempat, agar dapat melakukan pembukaan kebun tebu serta pabrik gula mini bagi masyarakat yang ada di Daerah Pemilihan III.

Dibukanya kebun tebu itu sangat menjanjikan jika dibarengi dengan pembangunan pabrik gula, kata Harry di Kuala Pembuang, Selasa.

"Walau pabrik gula skala kecil, tapi manfaatnya sangat besar bagi peningkatan perekonomian masyarakat setempat," tambahnya.

Menurut dia, hal tersebut berdasarkan aspirasi langsung  dari sebagian masyarakat yang ada di daerah tersebut khususnya beberapa desa di Kecamatan Seruyan Tengah, Seruyan Hulu dan Suling Tambun. 

Dia mengatakan itu karena mayoritas masyarakat di wilayah setempat mata pencahariannya adalah dari hasil kebun, sehingga hal ini sangat cocok sekali untuk dikembangkan dengan karakteristik masyarakat yang ada di daerah tersebut.

"Kami menyarankan kepada Pemkab Seruyan untuk terus mengembangkan di sektor perkebunan di daerah tersebut, sehingga dapat berdampak baik untuk masyarakat kabupaten berjuluk Bumi Gawi Hantantiring ini," kata Harry.

Baca juga: Legislator dorong peningkatan jalan pedesaan di Seruyan

Selain itu, pendirian pabrik gula ini juga dinilai sangat penting untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar. Pendirian kebun tebu sendiri juga bisa dijadikan sebagai usaha sampingan maupun usaha baru bagi masyarakat untuk menambah penghasilan.

Dia mengatakan buka lahan perkebunan tebunya dan dirikan pabrik gulanya, jadi untuk bahan produksi gula tidak perlu repot-repot lagi, tinggal membeli hasil kebun masyarakat itu saja.

"Dan tentu saja pengelolaannya harus benar-benar tepat dan optimal, agar petani dapat sejahtera," harapnya.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu menambahkan, bahwa mengingat di daerah Dapil III sendiri saat ini masih mengalami ketertinggalan, tentu sangat perlu adanya bantuan serta dukungan dari Pemkab Seruyan.

Baca juga: DPRD Seruyan: Peran guru penting atasi penyalahgunaan narkoba

Baca juga: KPU Seruyan gandeng UMPR sosialisasikan DPT kepada siswa