Pemkab Kobar salurkan bantuan kepada ratusan terpapar COVID-19

id Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Dinas Sosial Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Kotawaringin Barat, Dinsos Kabupaten

Pemkab Kobar salurkan bantuan kepada ratusan terpapar COVID-19

Sejumlah staff di lingkungan Dinsos Kobar sedang mempersiapkan sembako yang nantinya disalurkan kepada orang-orang yang terkonfirmasi COVID-19 di Pangkalan Bun, Kamis (15/7/2021). ANTARA/HO-Dinsos Kobar

Pangkalan Bun (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, melalui Dinas Sosial setempat dalam waktu dekat akan menyalurkan bantuan berupa paket sembilan bahan pokok kepada ratusan orang yang terkonfirmasi positif COVID-19.

Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Kobar Sanitro di Pangkalan Bun, Kamis, mengatakan berdasarkan data yang di terima dari Dinas Kesehatan, ada sekitar 700 orang yang saat ini tengah menjalani perawatan karena terkonfirmasi positif COVID-19.

"Bantuan yang akan disalurkan itu sebagai upaya Pemkab Kobar meringankan beban orang-orang yang terpapar COVID-19," beber dia.

Dikatakan, 700 orang yang terpapar COVID-19 itu tersebar di empat kecamatan, Arut Selatan, Arut Utara, Kotawaringin Lama dan Kumai. Sebanyak 700 orang itu pun sekarang ini tengah menjalani perawatan di sejumlah tempat.

Sanitro mengatakan sekarang ini Dinsos Kobar sedang mempersiapkan surat keputusan (SK) terkait penyaluran bantuan sembako kepada orang-orang yang terpapar COVID-19. Setelah SK tersebut selesai, pihaknya pun akan langsung melakukan penyaluran.

"Dari data yang disampaikan Dinkes Kobar itu, orang yang terpapar COVID-19, berada di Kecamatan Arut," beber dia.

Baca juga: Wabup Kobar akui raperda penegakan disiplin prokes mulai dibahas

Sekretaris Dinsos Kobar itu menyebut, penyaluran bantuan paket sembako tersebut terbagi dalam dua kali penyaluran, yang tentunya dalam penyalurannya pun mengutamakan protokol kesehatan, agar petugas bisa terhindar dari penularan virus Corona.

Dia mengatakan sejak meningkatnya kasus COVID-19 di Kobar, Dinas Sosial telah diminta bantuan oleh pihak Rumah sakit Sultan Imanudin Pangkalan Bun memberikan membantu  tenaga yang bertugas memasak di dapur rumah sakit.

"Kami telah mengerahkan tiga orang dari Tagana. Itu kami lakukan memang sejak Juni, jumlah pasien positif COVID-19 di rumah sakit mengalami peningkatan," demikian Sanitro.

Baca juga: Pasien membludak, 45 tenaga kesehatan di Kobar terpapar COVID-19

Baca juga: Dishub Kobar batasi jam pelayanan uji berkala Kendaraan Bermotor