Vaksinasi 'drive thru' disambut antusias masyarakat Sampit

id Vaksinasi 'drive thru' disambut antusias masyarakat Sampit, Kalteng, Kapolres Kotim, Abdoel Harris Jakin, Sampit, Kotim, Kotawaringin Timur

Vaksinasi 'drive thru' disambut antusias masyarakat Sampit

Kapolres AKBP Abdoel Harris Jakin memantau vaksinasi COVID-19 secara 'drive thru' di Taman Kota Sampit, Kamis (12/8/2021). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Vaksinasi COVID-19 dengan cara 'drive thru' atau melintas sambil berkendara yang dilaksanakan Polres Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, di Taman Kota Sampit disambut positif masyarakat karena efektif mencegah kerumunan warga.

"Sangat bagus karena terkontrol. Ada jarak sehingga bisa menghindari penularan. Baru kali ini saya lihat cara ini dan ini sangat baik," kata Satnawi, peserta vaksinasi di Taman Kota Sampit, Kamis.

Satnawi mengaku sangat bersyukur bisa mendapat kesempatan mengikuti vaksinasi COVID-19 tersebut. Sebelumnya dia sudah empat kali mendatangi puskesmas dan kegiatan vaksinasi massal namun selalu kehabisan.

Dia memaklumi karena antusias masyarakat sangat tinggi untuk mengikuti vaksinasi COVID-19, sedangkan jumlah vaksin cukup terbatas. Karena itu pula dia bersyukur karena kini bisa menjalani vaksinasi dosis pertama.

"Masyarakat tidak perlu takut divaksin karena ini demi masyarakat juga. Terima kasih banyak kepada Kepolisian atas kesempatan yang diberikan kepada kami," ujar Satnawi.

Kapolres Kotawaringin Timur AKBP Abdoel Harris Jakin mengatakan, kegiatan ini merupakan program Polda Kalimantan Tengah yang juga dilaksanakan oleh pihaknya di Sampit. Sistem 'drive thru' dilaksanakan untuk mencegah kerumunan warga.

Baca juga: Bupati Kotim: Jangan sampai karhutla memperparah situasi pandemi COVID-19

Peserta vaksinasi dipilih oleh Satuan Lalu Lintas yang berjaga di jalan. Pengendara yang dijaring adalah warga yang belum divaksinasi serta ingin mengikuti vaksinasi COVID-19.

Vaksinasi sistem 'drive thru' bertujuan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas, yaitu jumlah dan pelayanannya agar tidak terjadi kerumunan warga. Ternyata cara ini mendapat respons sangat bagus dan animo sangat tinggi dari masyarakat.

"Untuk kegiatan ini dialokasikan 100 dosis. Ini akan kami evaluasi. Kalau memang bisa diteruskan maka akan kami teruskan," kata Jakin.

Jakin mengimbau masyarakat membantu upaya-upaya yang dilakukan pemerintah daerah untuk memutus mata rantai penularan COVID-19. Masyarakat diimbau terus menjalankan protokol kesehatan secara ketat agar tidak mudah terjangkit virus mematikan tersebut.

Baca juga: Kebijakan anggaran Pemkab Kotim tetap memprioritaskan penanganan COVID-19

Baca juga: Legislator dukung Bupati Kotim segera rombak pejabat

Baca juga: Pemkab Kotim persiapkan vaksinasi dosis ketiga untuk tenaga kesehatan