Ibu hamil di Sampit antusias ikuti vaksinasi COVID-19

id Ibu hamil di Sampit antusias ikuti vaksinasi COVID-19, Kalteng, Bupati Kotim, Halikinnor, Sampit, Kotim, Kotawaringin Timur

Ibu hamil di Sampit antusias ikuti vaksinasi COVID-19

Salah seorang ibu hamil sedang disuntikkan vaksin COVID-19 saat vaksinasi massal di Sampit, Kamis (26/8/2021). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Vaksinasi COVID-19 untuk ibu hamil di Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, disambut antusiasme masyarakat setempat.

"Saya memang ingin divaksin, makanya setelah mendapat informasi ada vaksinasi ibu hamil ini saya langsung mendaftar. Saya berterima kasih bisa dapat kesempatan ini," kata Juliani di Sampit, Kamis.

Juliani adalah satu ibu hamil yang mengikuti vaksinasi COVID-19 yang digelar di atrium Citimall Sampit. Kegiatan ini digelar pemerintah daerah sebagai upaya melindungi masyarakat, termasuk para ibu hamil.

Perempuan yang sedang hamil hampir enam bulan ini mengaku sebelumnya sempat ragu mengikuti vaksinasi COVID-19. Namun setelah berkonsultasi dengan dokter spesialis, dirinya menjadi yakin untuk mengikuti vaksinasi.

Dia berharap dengan mengikuti vaksinasi ini bisa melindungi dirinya dari penularan COVID-19. Dia berharap bisa selalu sehat hingga melahirkan anak yang sehat pula nantinya.

"Saya juga di rumah memiliki anak. Makanya saya ikut vaksinasi COVID-19 ini supaya lebih aman. Ini sebagai upaya bersama," kata Juliani.

Bupati Halikinnor saat memantau vaksinasi massal tersebut menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya atas sambutan antusias masyarakat, khususnya para ibu hamil mengikuti vaksinasi COVID-19. Ini merupakan upaya pemerintah dalam melindungi masyarakat.

Baca juga: Puskesmas sering kebanjiran di Kotim akan direlokasi

"Dulu kekhawatiran kita masyarakat tidak mau divaksin, tetapi ternyata ibu hamil pun mau mengikuti vaksinasi. Kita berharap 'herd immunity' kita meningkat sehingga normal lagi," harap Halikinnor.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kotawaringin Timur Umar Kaderi mengatakan, antusias ibu hamil untuk mengikuti vaksinasi COVID-19 cukup tinggi. Awalnya target peserta hanya 150 orang, namun hingga Kamis siang sudah hadir sebanyak 190 orang.

"Tapi berapapun ibu hamil yang ingin mengikuti vaksinasi akan kita layani. Selama vaksinasinya tersedia maka kita layani. Ibu hamil termasuk kelompok yang menjadi perhatian," kata Umar.

Umar menambahkan, vaksinasi COVID-19 terhadap ibu hamil diharapkan juga memberi imunitas alami terhadap janin atau bayi yang dilahirkan nantinya. Untuk itulah dia mengimbau ibu hamil untuk mengikuti vaksinasi.

Baca juga: Bupati Kotim dukung sanksi pidana untuk kasus miras ilegal