Kadis Komifo: Sinergi pers dan Pemkab Bartim harus terus ditingkatkan

id Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, Dwi Aryanto, Diskominfo Kabupaten Barito Timur

Kadis Komifo: Sinergi pers dan Pemkab Bartim harus terus ditingkatkan

Kepala Kominfosantik Barito Timur Dwi Aryanto (kedua kanan), saat menghadiri acara HPN tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2021 di aula Rujab Bupati Seruyan di Kuala Pembuang Kabupaten Seruyan, Sabtu (28/8) kemarin. ANTARA/ HO-Diskominfosantik Bartim

Tamiang Layang (ANTARA) - Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, Dwi Aryanto berharap sinergi insan pers dengan pemerintah daerah yang telah berjalan selama ini, dapat terus dipertahankan dan lebih ditingkatkan.

Harapan itu juga sejalan dengan apa yang disampaikan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia Pusat Atal S Depari saat Hari Pers Nasional tingkat Kalteng di Seruyan, kata Dwi Aryanto di Tamiang Layang, Senin

"sinergi diperlukan agar keberlangsungan pembangunan di daerah berjalan dengan baik. Apalagi pers juga bisa mengontrol pembangunan dan kebijakan pemerintah," ucapnya.

Namun, lanjut dia, jika pers dalam pemberitaan tidak memberitakan kegiatan pemerintah, maka sinergi tersebut tidak akan terjalin. Seperti halnya harapan terhadap pers di Kabupaten Barito Timur yang perlu bersinergi dengan Pemkab Bartim, sehingga ada sinergitas dalam pembangunan daerah.

Dwi juga memberikan apresiasi atas peranan pers yang telah membantu pemerintah dalam pembangunan di Kabupaten Barito Timur.  Pers banyak berperan dalam membantu pemerintah seperti dalam memberikan informasi-informasi pembangunan kepada masyarakat, terutamanya berkaitan dengan berbagai program daerah serta kemajuan pembangunan di Kabupaten Barito Timur.

Dia mengatakan Pers juga banyak membantu dalam memberikan edukasi dan pencerahan terkait protokol kesehatan kepada masyarakat guna bersama-sama mencegah dan memutus rantai penyebaran COVID-19 di Gumi Jari Janang Kalalawah.

"Penangkalan terhadap informasi hoaks berkaitan vaksinasi hingga ajakan kepada masyarakat untuk mensukseskan program vaksinasi juga terus disampaikan untuk menciptakan herd immunity," kata Dwi.

Baca juga: Pramuka diharapkan menjadi teladan penerapan prokes di masa pandemi

Diskominfo Bartim juga mengapresiasi pers tetap bekerja dan berada di garis terdepan, dalam mengabarkan setiap perkembangan yang terjadi walaupun masih di masa pandemi COVID-19.

"Kami sampaikan terima kasih, atas informasi yang benar dan tepat yang disampaikan pers di Kabupaten Barito Timur kepada masyarakat," demikian Dwi.

Kepala Diskominfosantik Barito Timur, Dwi Aryanto menghadiri acara puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tingkat Kalimantan Tengah yang dilaksanakan di Kabupaten Seruyan, Sabtu (28/8).

Acara HPN itu juga dihadiri Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Atal S. Depari, dan di isi acara pelatihan jurnalistik, bakti sosial yaitu penanaman pohon dan pertandingan sepakbola dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Baca juga: Pandemi COVID-19 pengaruhi mutu pendidikan di Barito Timur