Pemkab Mura usulkan peningkatan jalan dan kelistrikan

id Pemkab Mura usulkan peningkatan jalan dan kelistrikan, Kalteng, Mura, murung raya

Pemkab Mura usulkan peningkatan jalan dan kelistrikan

Wakil Bupati Murung Raya, Rejikinoor saat menghadiri rapat musrenbang provinsi Kalimantan Tengah secara virtual, di Puruk Cahu, Kamis (2/9/2021). ANTARA/Supriadi.

Puruk Cahu (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Murung Raya mengikuti pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2021-2026 secara virtual di aula Setda Gedung A di Puruk Cahu, Kamis.

"Ada beberapa hal yang menjadi perhatian bersama, yakni akses jalan Puruk Cahu - Palangka Raya melewati Kabupaten Gunung Mas," kata Wakil Bupati Murung Raya, Rejikinoor.

Rapat virtual tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Gubernur Kalteng, Edy Pratowo dengan dihadiri Wakil Bupati Murung Raya, Rejikinoor didampingi Sekda Murung Raya Hermon, Asisten Pemerintahan, Hukum dan Politik Setda Mura Sarampang serta Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Mura Ferry Hardi.

Kegiatan itu juga dihadiri oleh jajaran terkait dari dinas dan badan lingkup Pemkab Murung Raya yang mengikuti rapat secara virtual dari kantor masing-masing.

Rejikinoor mengatakan saat ini ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian pemerintah dalam rangka menjalankan kebijakan sehingga terciptanya asas keadilan sampai ke pelosok.

Baca juga: Wabup Mura minta sosialisasi tentang karhutla ditingkatkan

Disampaikan Rejikinoor juga, akses jalan Puruk Cahu-Palangka Raya melewati Gunung Mas itu terdapat beberapa titik yang rusak sehingga perlu segera diatasi.

"Bila akses jalan itu sudah diperbaiki maka perekonomian dan hal lainnya semakin tubuh. Kami juga mengusulkan listrik agar secara merata dinikmati sampai ke desa-desa,” ujarnya lagi.

Rejikinoor juga meminta dukungan dari pemerintah pusat ataupun provinsi terkait listrik di sejumlah desa, sebab di Kabupaten Murung Raya masih ada desa yang belum menikmati listrik dari jaringan kelistrikan PT PLN.

“Kami berharap listrik ini menjadi salah satu proyek strategis Nasional didaerah. Di Kecamatan Uut Murung kami ada mengusulkan pembangunan pembangkit listrik tenaga mikrohidro. Usulan ini kami harap bisa menjadi proyek Nasional sehingga mampu mendukung penyaluran listrik di wilayah Murung Raya,” demikian Rejikinoor.

Baca juga: Bupati Mura: Optimalkan pemanfaatan ruang digital