Sakariyas dampingi Gubernur Kalteng temui warga terdampak banjir di Kamipang

id Sakariyas dampingi Gubernur Kalteng temui warga terdampak banjir di Kamipang, Kalteng, katingan, kasongan

Sakariyas dampingi Gubernur Kalteng temui warga terdampak banjir di Kamipang

Bupati Sakariyas (tengah) mendampingi Gubernur Sugianto (kaos merah) di lokasi dapur umum Desa Banut Kalanaman, Sabtu (11/9/2021). ANTARA/HO-Bidhumas Polda Kalteng

Kasongan (ANTARA) - Bupati Katingan Kalimantan Tengah Sakariyas mendampingi Gubernur Sugianto Sabran melihat secara langsung kondisi warga yang terdampak banjir di pengungsian sekaligus mengecek dapur umum yang didirikan di beberapa desa di Kecamatan Kamipang.

"Hari ini saya bersama bapak Gubernur dan Forkopimda Kalteng melihat secara langsung kondisi terkini warga di pengungsian, apa yang masih diperlukan dan apa kekurangan yang mesti segera disalurkan," kata Sakariyas di Kasongan, Sabtu.

Sakariyas menjelaskan ada beberapa desa yang dikunjungi diantaranya meninjau dapur umum di Desa Banut Kalanaman, mengunjungi posko pengungsian di Desa Baun Bango, Desa Bereng Likut dan Desa Asam Kumbang Kecamatan Kamipang Kabupaten Katingan.

Kecamatan Kamipang  merupakan daerah sulit dijangkau dalam pendistribusian bantuan karena harus melalui transportasi darat dan transportasi sungai. Dan merupakan daerah yang saat banjir terjadi sulit ditemukan daerah yang kering.

"Sebelumnya pak gubernur dan unsur Forkopimda Kalteng seperti Kapolda, Kajati dan bapak Agustiar Sabran anggota DPR RI telah mengecek gudang logistik tempat penampungan sementara bantuan bagi masyarakat yang terdampak banjir di Aula BPKAD Kabupaten Katingan," terang orang nomor satu di Katingan yang saat itu didampingi Wabup Sunardi NT. Litang.

Dalam pengecekan itu Gubernur didampingi Wakil Gubernur Edy Pratowo, Kapolda Irjen Pol. Dr. Dedi Prasetyo, Dandrem 102/Pjg Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, Kajati Imam Wijaya, Penjabat Sekda H Nuryakin, Ketua TP-PKK Ivo Sugianto Sabran dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah Prov Kalteng. 

Pengecekan ke gudang logistik ini dilakukan gubernur untuk mengetahui sejauh mana penanganan bantuan yang telah diberikan, apakan pendistribusian yang dilakukan telah tepat waktu, tepat sasaran dan tepat manfaat.

Baca juga: Bantuan masyarakat Tabalong untuk korban banjir Katingan sempat terkendala

Sementara itu, saat di lokasi pengungsian, gubernur yang didampingi istri Ivo Sugianto Sabran memberikan bantuan operasional secara pribadi kepada unsur Forum Koordinasi Kecamatan Kamipang, yakni Kapolsek, Danramil, dan Polairud dengan total Rp90 juta untuk menunjang operasional posko dan operasional pendistribusian bantuan.

Di tempat yang sama gubernur juga meninjau posko kesehatan yang ada dan menyempatkan makan siang bersama di posko pengungsian Desa Baun Bango. 

“Sinergitas antara pemerintah dan unsur TNI dan Polri sangat penting dan strategis dalam penanganan bencana, bantuan berupa uang tunai dari pemerintah tentu membutuhkan proses. Saya membantu secara pribadi karena kita tidak bisa menunggu dan harus bergerak cepat," ungkap Gubernur.

Bupati Katingan sangat berterima kasih kepada Gubernur Kalimantan Tengah yang telah meluangkan waktunya mengunjungi warga yang mengalami bencana banjir, serta memberikan  bantuan sembako bahkan memberikan pribadi yang ditujukan kepada unsur Forum Koordinasi Kecamatan Kamipang.

Turut hadir menerima kedatangan Gubernur Kalteng beserta rombongan Sekretaris Daerah Kabupaten Katingan Pransang, unsur Forkopimda Katingan, Kalaksa BPBD Roby, Ketua TP-PKK Daurwaty Sakariyas dan Ketua DWP Nanti Pransang.

Baca juga: Gubernur Kalteng: Jangan ada penumpukan bantuan masyarakat terdampak banjir

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2021