Bupati Mura minta BPD optimalkan pengawasan pemerintahan desa

id Bupati Mura minta BPD optimalkan pengawasan pemerintahan desa, Kalteng, Mura, murung raya

Bupati Mura minta BPD optimalkan pengawasan pemerintahan desa

Bupati Murung Raya, Perdie M. Yoseph saat melantik 36 anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di tiga kecamatan di wilayah setempat di Puruk Cahu, Rabu (15/9/2021). ANTARA/Supriadi

Puruk Cahu (ANTARA) - Bupati Murung Raya, Perdie Midel Yoseph meminta anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) meningkatkan pengawasan pemerintahan desa agar semua berjalan dengan baik sesuai harapan.

"Kepala desa, aparat dan BPD merupakan mitra kerja sehingga harus dapat membangun komunikasi yang harmonis, sekaligus bersinergi dengan tetap dan terus melakukan koordinasi dalam pelaksanaan pembangunan serta pembinaan kemasyarakatan di desa," kata Perdie di Puruk Cahu, Rabu.

Hal itu disampaikannya saat melantik 36 anggota BPD enam desa periode 2021-2027. Pelantikan dilaksanakan di gedung Dewan Adat Daerah (DAD) Murung Raya, di Puruk Cahu.

BPD enam desa di tiga kecamatan yang dilantik tersebut yakni Desa Juking Pajang, Desa Muara Jaan, Desa Tumbang Naan, Desa Tumbang Jojang, Desa Dirung Bakung dan Desa Konut.

Perdie mengatakan atas nama pemerintah daerah, dirinya berterima kasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para penyelenggara, serta panitia pelaksana yang telah berperan aktif dalam menyukseskan pemilihan anggota BPD di tiga kecamatan.

Perdie berharap anggota BPD yang dilantik dapat melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas kepala desa, khususnya dalam pengelolaan keuangan desa, sehingga pelaksanaannya dapat lebih efektif, transparan, serta pengelolaannya dapat dipertanggungjawabkan secara baik dan benar sesuai ketentuan peraturan yang berlaku.

"Anggota BPD dan kepala desa dihadapkan untuk menggalakkan upaya pemberdayaan seluruh komponen yang ada di desa, baik kelembagaan kemasyarakatan maupun warga desa untuk bersatu, sehingga akan mendorong terwujudnya kemandirian desa, baik aspek sosial maupun aspek ekonomi dalam rangka membangun desa yang lebih baik lagi," jelas Perdie.

Tidak hanya itu, Perdie juga berharap keberadaan BPD dapat memberi kontribusi yang signifikan terhadap upaya penyelenggaraan pemerintahan desa yang efektif dan efisien. 

Baca juga: Pemkab Mura pertajam skala prioritas pembangunan daerah

Disamping itu, diharapkan terbangunnya kerjasama yang baik antara pemerintah desa dengan BPD, agar warga desa dapat menikmati kehidupan yang aman, tertib penuh dengan semangat kekeluargaan.

Perdie meyakini dengan kekompakan kepala desa bersama perangkatnya dengan BPD akan melahirkan pemerintahan desa yang kuat sehingga mendorong pemerintah kecamatan yang kuat dan pada gilirannya akan melahirkan pemerintahan kabupaten yang handal. 

“Melalui kesempatan ini, saya ucapkan selamat kepada para anggota BPD terpilih yang baru dilantik dan diambil sumpahnya semoga dapat menjadi seorang abdi negara dan abdi masyarakat yang berdedikasi,” demikian Perdie.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Mura, Asnawiyah mengatakan, anggota BPD yang dilantik dan diambil sumpah/janji berasal dari tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Murung, Kecamatan Seribu Riam, Kecamatan Tanah Siang.

Baca juga: Fraksi PKB Mura ingatkan pembubaran perusda harus sesuai aturan