KPP DPRD Barsel dukung perempuan terjun ke politik

id KPP DPRD Barsel dukung perempuan terjun ke politik, Kalteng, barsel, Barito selatan

KPP DPRD Barsel dukung perempuan terjun ke politik

Ketua KPP DPRD Barito Selatan, Ensilawatika Wijaya (Tengah) usai mengikuti pembukaan rapat KPP nasional yang dilaksanakan secara daring, di Buntok, Selasa (28/9/2021). ANTARA/Bayu Ilmiawan

Buntok (ANTARA) - Kaukus Perempuan Parlemen (KPP) DPRD Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah mengharapkan perempuan-perempuan yang ada di wilayah setempat supaya ikut berpartisipasi dalam bidang politik.

"Kita berharap agar kedepannya akan lebih banyak lagi perempuan di daerah ini yang ikut berperan dalam bidang politik," kata Ketua KPP DPRD Barito Selatan, Ensilawatika Wijaya usai mengikuti pembukaan rapat KPP nasional yang dilaksanakan secara daring di Buntok, Selasa.

Politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Barito Selatan ini berharap dengan adanya pembentukan KPP di daerah ini ke depannya paling tidak kuota perempuan di parlemen bisa bertambah lagi.

"Mudah-mudahan dengan adanya KPP di Barito Selatan ini, bisa mengajak perempuan-perempuan yang lain untuk bisa ikut berpartisipasi di dalam kancah politik pada tahun 2024 mendatang dan diharapkan jumlah perempuan yang duduk di kursi DPRD bertambah dari saat ini," kata dia.

Menurutnya, kiprah perempuan di dunia politik sangat diperlukan agar bisa memberikan kontribusi yang lebih baik bagi semua dalam bidang pembangunan di daerah.

Baca juga: DPRD Barsel minta masyarakat tetap disiplin terapkan protokol kesehatan

Selain itu ia juga mengingatkan kepada perempuan-perempuan di kabupaten yang berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini agar tidak alergi dengan politik.

Keberadaan perempuan yang duduk di parlemen, maka akan secara otomatis mengangkat harkat dan martabat perempuan yang ada di daerah ini. Dia yakin masyarakat, khususnya kaum perempuan juga akan mendukung keterwakilan mereka sehingga bisa memperjuangkan aspirasi kaum perempuan.

"Dengan demikian bisa berperan dalam menyejahterakan masyarakat, khususnya di Barito Selatan ini dengan sejumlah program-program yang dilaksanakan," demikian Ensilawatika Wijaya.

Saat ini di DPRD Barsel memiliki keterwakilan perempuan di parlemen dengan jumlah yang cukup banyak, yaitu sembilan orang atau mencapai 37 persen dari total seluruh anggota DPRD Barito Selatan yang berjumlah sebanyak 25 orang.

Baca juga: DRPD Barsel minta pemkab perhatikan perajin lokal