Tingkatkan SDM UMKM, Pemkab Kobar gelar pelatihan Manajemen dan Akuntansi

id Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Kotawaringin Barat, Kobar, Disperindagkop UKMKobar, Sekretaris Disperindagkop UKMKobar, Hanik Mujiati

Tingkatkan SDM UMKM, Pemkab Kobar gelar pelatihan Manajemen dan Akuntansi

Sekretaris Disperindakop Kobar Hanik Mujiati bersama Panitia dan Narasumber serta peserta pelatihan Manajemen dan Akuntansi di Pangkalan Bun, Senin (11/10/2021). ANTARA/HO-MMC Kobar

Pangkalan Bun (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, menggelar pelatihan Manajemen dan Akuntansi kepada para pelaku UMKM yang ada di wilayah setempat.

Pelatihan yang bertujuan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) para pelaku UMKM bekerjasama dengan Kementerian Koperasi dan UKM RI melalui DAK Non Fisik Tahun Anggaran 2021, kata Kepala Disperindagkop UKM Kobar melalui oleh Sekretaris Hanik Mujiati di Pangkalan Bun, kemarin.

"Kontribusi pelaku UMKM di Indonesia ini terbukti sangat besar. Berdasarkan data dari Kemenkop UKM sumbangsih UMKM terhadap Produk Domestik Bruto sebesar 61,07 persen," kata Hanik.

Pelatihan Manajemen dan Akuntansi ini dilaksanakan di Hotel Andika Pangkalan Bun dimulai dari tanggal 11 sampai 14 Oktober 2021. Adapun sasaran utama pelatihan ini yakni, para pelaku usaha mikro di Kabupaten Kobar dengan jumlah peserta 28 orang.

"Kami berharap kegiatan ini dapat menambah wawasan, pengetahuan dan pengalaman dalam hal meningkatkan kapasitas penjualan, pemasaran dan branding usaha yang dijalani oleh pelaku usaha mikro," kata Hanik.

Baca juga: Tingkatkan pelayanan, Bupati Kobar resmikan RS Pratama Kutaringin

Sementara itu, Ketua panitia sekaligus Kabid Pemberdayaan dan Pengembangan Koperasi dan Usaha Mikro Disperindagkop UMK Kobar Philipus TD menyatakan, pelatihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang dasar-dasar sekaligus konsep manajemen usaha serta akuntansi bisnis.

Adapun yang menjadi narasumber dari kegiatan pelatihan ini adalah dari Universitas Antakusuma, Gregorius Anung Hanindito dan dari Disperindagkop UKM Kasi Peningkatan Kualitas SDM dan Kewirausahaan, Aditya Ferry Subiyantoro.

Kegiatan ini juga tetap menerapkan protokol Kesehatan seperti dilakukannya Rapid Test Antigen sebelum acara pembukaan, physical distancing, mencuci tangan/hand sanitizer sebelum memulai kegiatan dan memakai masker serta face shield.

Baca juga: Raih WTP tujuh kali, Pemkab Kobar terima penghargaan dari Menkeu

Baca juga: Pasar di lahan hibah Korindo jadi kado ulang tahun Kobar

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2021