DPRD Kotim apresiasi Disdukcapil jemput bola layani masyarakat pesisir

id DPRD Kotim apresiasi Disdukcapil jemput bola layani masyarakat pesisir, Kalteng, DPRD Kotim, Darmawati, Sampit, Kotim, Kotawaringin Timur

DPRD Kotim apresiasi Disdukcapil jemput bola layani masyarakat pesisir

Kepala Disdukcapil Kotim Agus Tripurna Tangkasiang (kiri) memimpin pelayanan administrasi kependudukan di Kecamatan Pulau Hanaut pada 21 hingga 23 Oktober. ANTARA/HO-Kecamatan Pulau Hanaut.

Sampit (ANTARA) - Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, Darmawati mengapresiasi langkah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang melakukan jemput bola memberi pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat di Kecamatan Pulau Hanaut yang merupakan kawasan pesisir.

"Kami sangat mengapresiasi. Ini terobosan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat kita di kawasan pesisir. Ini sangat membantu," kata Darmawati di Sampit, Senin.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil memberikan pelayanan jemput bola ke Kecamatan Pulau Hanaut yang dipusatkan di Desa Bebaung pada 21 hingga 23 Oktober atau akhir pekan lalu.

Rombongan dipimpin langsung Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Agus Tripurna Tangkasiang, memboyong sejumlah pegawai dan komputer mereka ke lokasi kegiatan. Agus bersama timnya bahkan rela menginap di desa tersebut demi melayani masyarakat di kecamatan itu.

Kecamatan Pulau Hanaut merupakan kecamatan yang berada di pesisir. Lokasinya di kawasan seberang dan belum terhubung daratan menuju Sampit Ibu Kota Kabupaten Kotawaringin Timur.

Desa-desa di kecamatan ini masih dihadapkan pada berbagai keterbatasan, seperti jalan, jaringan internet dan lainnya. Untuk bepergian, masyarakat harus menggunakan transportasi air.

Untuk itulah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang melaksanakan jemput bola pelayanan jemput bola datang ke lokasi. Selama ini warga cukup kesulitan mengurus administrasi kependudukan karena harus pergi ke Sampit sehingga memerlukan waktu dan biaya.

Baca juga: Legislator Kotim minta PDAM pertimbangkan kondisi ekonomi masyarakat

Jenis layanan administrasi kependudukan yang diberikan seperti kartu tanda penduduk, kartu identitas anak, kartu keluarga dan lainnya. Warga pun merasa senang karena tidak perlu harus jauh-jauh pergi ke Sampit.

"Kami berharap langkah seperti ini juga dilaksanakan oleh SOPD (satuan organisasi perangkat daerah) lainnya. Ini sangat membantu masyarakat kita," kata Darmawati yang juga Ketua Komisi II DPRD.

Sementara itu ucapan terima kasih disampaikan Camat Pulau Hanaut, Sufiansyah. Dia sangat bersyukur Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil memberikan layanan langsung di desa sehingga sangat membantu masyarakat dalam mendapatkan layanan administrasi kependudukan.

"Dengan jemput bola seperti ini membuat banyak warga bisa mendapatkan layanan administrasi kependudukan. Masyarakat kami sangat terbantu," demikian Sufiansyah.

Baca juga: Pemkab Kotim ajukan Raperda Pengelolaan Keuangan Daerah

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2021