Layanan paspor mobile Kantor Imigrasi Sampit disambut antusias warga

id Layanan paspor mobile Kantor Imigrasi Sampit disambut antusias warga, Kalteng, Kanim Sampit, imigrasi Sampit, Bugie Kurniawan, Sampit, Kotim, Kotawari

Layanan paspor mobile Kantor Imigrasi Sampit disambut antusias warga

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sampit Bugie Kurniawan mendampingi pegawainya sedang melayani warga yang mengurus paspor saat layanan paspor mobile di Citimall Sampit, Selasa (26/10/2021). ANTARA/HO-Kanim Sampit

Sampit (ANTARA) - Layanan paspor secara mobile yang dilaksanakan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sampit di Citimall Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, disambut antusias warga.

"Ini terobosan yang sangat bagus sehingga warga bisa tahu tentang tata cara pelayanan Keimigrasian. Bahkan ini luar biasa karena petugas langsung memberikan pelayanan pengurusan paspor di mal ini," kata Rahman, salah seorang pengunjung Citimall Sampit, Selasa.

Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sampit melaksanakan kegiatan pelayanan publik dalam rangka memperingati Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia tahun 2021 selama satu hari.

Kegiatan tersebut berupa inovasi pelayanan paspor melalui program KARSA MANDAU atau Kantor Imigrasi Sampit Melayani Anda Di manapun, serta kegiatan penyebaran informasi Keimigrasian.

"Kami bersyukur kegiatan ini disambut antusias masyarakat. Melalui kegiatan ini kami juga ingin menyampaikan bahwa pengurusan izin di Kantor Imigrasi Sampit itu mudah, cepat dan bebas pungli," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sampit, Bugie Kurniawan.

Bugie menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk memeriahkan Hari Dharma Karya Dhika Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia. Ini juga merupakan komitmen Kantor Imigrasi Sampit untuk selalu menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan publik sebagai bentuk dukungan terhadap proses meraih Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dengan semboyan “Kanwil Kemenkumham Kalteng Pasti Bahalap”.

Kegiatan KARSA MANDAU diadakan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan pencegahan COVID-19. Pelayanan yang diberikan adalah pelayanan permohonan paspor baru dan penggantian habis berlaku atau halaman penuh. 

Selama kegiatan KARSA MANDAU, petugas berhasil memproses tujuh permohonan penggantian paspor yang pemohonnya terdiri dari empat perempuan dan tiga laki-laki.

"Untuk kegiatan penyebaran informasi yang dilakukan untuk meningkatkan kesadaran publik terhadap inovasi-inovasi pelayanan pada Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sampit, khususnya inovasi pelayanan yang telah diresmikan oleh Bupati Kotawaringin Timur dan Kakanwil Kemenkumham Kalimantan Tengah," kata Bugie.
Seorang pemohon paspor sedang menjalani pengambilan foto dan sidik jari saat layanan paspor mobile Kantor Imigrasi Sampit di Citimall Sampit, Selasa (26/10/2021). ANTARA/HO-Kanim Sampit

Bugie mengatakan pada 2021 ini pihaknya membuat 17 inovasi pelayanan keimigrasian yang dapat dimanfaatkan para pengguna layanan. Sebanyak 17 inovasi itu terbagi pada 3 kluster besar inovasi layanan keimigrasian.

Klaster pertama yaitu inovasi layanan berbasis teknologi informasi yang meliputi Whats app gateway, live chat Karsa, cek NIK Karsa, scan Karsa, SAPA Karsa (silakan ambil paspor anda), notif Karsa, Spider (stay permit reminder), Digebook Karsa (digital guest book), Sipandan Karsa (survei pegawai teladan), Karsa Bertaji (berita tajuk Imigrasi) dan Potensi Karsa atau penilaian online petugas layanan.

Klaster kedua yaitu peningkatan sarana dan prasarana yang meliputi Lantatur yakni layanan tanpa turun atau drive thru, Karsa guide book with multiple language dan Jelawat atau jembatani layanan waktu istirahat.

Sementara itu klaster ketiga yaitu inovasi layanan jemput bola yang meliputi layanan Karsa Mandau atau melayani anda di manapun, Tabe Salamat atau datang berkunjung sekaligus melaksanakan layanan izin tinggal, serta Pekan Keimigrasian.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Provinsi Kalimantan Tengah, Ilham Djaya meminta jajarannya untuk terus berinovasi dengan tujuan meningkatkan pelayanan.

"Apa yang selama ini sudah dilakukan Kanim Sampit melalui berbagai terobosan-terobosannya, tentu akan sangat membantu masyarakat, khususnya yang mengurus dokumen Keimigrasian. Ide-ide seperti ini yang saya harapkan," kata Ilham.

Dia juga ingin meyakinkan masyarakat bahwa pengurusan berbagai dokumen Keimigrasian, terus dipermudah. Bahkan jajarannya jemput bola dengan mendatangi pemohon agar mereka semakin mudah untuk mendapatkan layanan Keimigrasian.

Baca juga: Kantor Imigrasi Sampit gelar tabur bunga mengenang jasa pahlawan