Perencanaan program SOPD Sukamara berorientasi peningkatan kesejahteraan masyarakat

id Perencanaan program SOPD Sukamara berorientasi peningkatan kesejahteraan masyarakat, Kalteng, Sukamara, wakil bupati Sukamara, ahmadi

Perencanaan program SOPD Sukamara berorientasi peningkatan kesejahteraan masyarakat

Wakil Bupati Sukamara, Ahmadi. ANTARA/HO-Diskominfo Sukamara

Sukamara (ANTARA) - Seluruh satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten Sukamara Kalimantan Tengah selalu diingatkan untuk mengedepankan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat dalam setiap perencanaan program kegiatan.

"Selain melayani masyarakat, program-program yang kita jalankan tentu harus berorientasi pada kesejahteraan masyarakat. Yang terpenting untuk peningkatan perekonomian diantaranya adalah menciptakan lapangan pekerjaan," kata Wakil Bupati Sukamara  Ahmadi di Sukamara.

Dia berharap program pembangunan yang dilaksanakan pada setiap SOPD mampu berkontribusi maksimal terhadap peningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Untuk itu perencanaan program di setiap SOPD harus dilakukan secara cermat dengan mengutamakan program-program yang berorientasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Setiap kegiatan pembangunan yang dilaksanakan harus mampu mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat, mendukung pembangunan sosial budaya dan memberikan efek luas terhadap sektor lainnya.

"Kami yakin, apabila ini dapat dijalankan dengan maksimal maka akan berdampak pada pengentasan kemiskinan di wilayah ini," kata Ahmadi.

Baca juga: Pemkab Sukamara berkomitmen pertahankan kelestarian lingkungan dan kebudayaan

Sementara itu Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Sukamara, Wariyanto mengatakan, kemandirian ekonomi yang dilakukan tidak hanya sebatas pada satu sektor, tetapi di semua sektor, termasuk mencakup pertanian dalam arti luas, perekonomian kerakyatan dan pengentasan kemiskinan.

Perlu dukungan dari semua pihak untuk meningkatkan sektor lapangan pekerjaan serta kesempatan berusaha bagi masyarakat. Jika itu terwujud maka masyarakat Kabupaten Sukamara  akan lebih sejahtera dalam kemakmuran dan makmur dalam kesejahteraan.

Dirinya berharap perekonomian kerakyatan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat yakni dengan membangun kemandirian ekonomi.

"Pemerintah daerah terus berupaya bisa menciptakan ekonomi kerakyatan tersebut dengan tetap mengedepankan skala  prioritas yang mengarah pada kemandirian ekonomi dalam pelaksanaan program pembangunan daerah" demikian Wariyanto.

Baca juga: Pembelajaran tatap muka di Sukamara diharapkan meningkatkan kualitas pendidikan