Tersisa satu pasien positif COVID-19 di Murung Raya

id Tersisa satu pasien positif COVID-19 di Murung Raya, Kalteng, Mura, murung raya

Tersisa satu pasien positif COVID-19 di Murung Raya

Kepala Dinas Kesehatan Murung Raya, Suria Siri saat diwawancarai di Puruk Cahu, Senin (1/11/2021). ANTARA/Supriadi

Puruk Cahu (ANTARA) - Jumlah pasien terkonfirmasi positif Corona Virus Disease-19 (COVID-19) di Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah terus mengalami penurunan dan hingga saat ini jumlah pasien yang terpapar tersisa satu orang.

"Saat ini berdasarkan hasil Polymerase Chain Reaction (PCR) yang dilaksanakan kemarin, hanya ada satu orang yang positif COVID-19, dan yang bersangkutan sekarang sedang melakukan isolasi mandiri," kata Kepala Dinas Kesehatan Murung Raya, Suria Siri di Puruk Cahu, Senin.

Dikatakannya, semakin melandainya kasus COVID-19 di Murung Raya ini, selain karena gencarnya kegiatan vaksinasi, juga dikarenakan tingginya kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Jumlah vaksinasi dosis 1 di Murung Raya sudah mencapai 55 persen, sedangkan dosis 2 sudah mencapai 38 persen. Untuk peringkat terbanyak vaksinasi se Kalimantan Tengah kita berada di urutan empat," tambah dia.

Dijelaskan Suria, pencapaian tersebut dikarenakan program vaksinasi sudah merambah masuk ke desa-desa dan warga juga sudah paham akan pentingnya mendapatkan vaksin.

Ia mencontohkan, seperti saat vaksinasi di Desa Tumbang Tonduk Kecamatan Laung Tuhup yang dilaksanakan beberapa hari lalu, hampir 100 persen warga ikut serta mendaftarkan diri untuk disuntik vaksin.

Baca juga: Pemkab dan DPRD Murung Raya bekerjasama tindaklanjuti hasil reses

Begitu juga lanjut dia, dengan pelaksanaan vaksinasi di Desa Karali, Kecamatan Tanah Siang, petugas sudah melaksanakan vaksinasi dari rumah ke rumah.

Sementara penerima vaksin khusus anak sekolah kata Suria Siri, sudah mencapai 80 persen untuk dosis 1 dan akan terus dikejar hingga mencapai 100 persen.

"Sekarang kita masih ada stok vaksin kurang lebih 8 ribu dosis jenis Sinovac dan Pfizer, jadi untuk satu minggu ke depan stok vaksin di Murung Raya aman," demikian Suria Siri.

Masyarakat diimbau tetap menjalankan protokol kesehatan secara ketat untuk mencegah penularan COVID-19. Kewaspadaan sangat dibutuhkan karena siapapun tidak ada yang bisa memastikan kapan pandemi ini Kan berakhir.

Baca juga: Bunda PAUD Seribu Riam juara lomba tingkat Provinsi Kalteng