Legislator Gumas apresiasi capaian target vaksinasi di Kecamatan Manuhing

id Legislator Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Cici Susilawati,Kecamatan Manuhing,Legislator Gumas apresiasi capaian target vaksinasi di Kecamata

Legislator Gumas apresiasi capaian target vaksinasi di Kecamatan Manuhing

Legislator Gumas Cici Susilawati (kiri kedua) dan lainnya saat rapat paripurna di Kuala Kurun, Selasa (9/11/2021). (ANTARA/HO-Dokumentasi pribadi)

Kuala Kurun (ANTARA) - Legislator Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Cici Susilawati mengapresiasi capaian target vaksinasi COVID-19 dosis pertama di Kecamatan Manuhing, yang merupakan kecamatan tertinggi di kabupaten setempat.

Walau demikian, seluruh pihak di Manuhing diminta tidak cepat berpuas diri dan tetap berusaha keras agar capaian target tersebut dapat semakin tinggi, kata Cici di Kuala Kurun, Selasa.

“Dari target vaksinasi sebanyak 7.092 warga, capaian dosis pertama di Manuhing yakni 79,81 persen dan capaian dosis kedua 19,25 persen. Saya mengapresiasi capaian dosis pertama di Manuhing yang merupakan capaian tertinggi se-Gumas,” ucapnya.

Politisi Partai Demokrat ini berharap capaian tersebut tidak membuat seluruh pihak di Manuhing menjadi terlena, melainkan semakin termotivasi untuk terus menggenjot pelaksanaan vaksinasi kepada masyarakat yang belum divaksin.

Baca juga: Pemkab Gumas serahkan pengelolaan pasar rakyat ke kecamatan

Selain itu, dia juga mendorong fasilitas pelayanan kesehatan di kecamatan lain agar terus menggenjot pelaksanaan vaksinasi COVID-19 kepada masyarakat, demi terbentuknya herd immunity atau kekebalan kelompok.

Lebih lanjut, perempuan kelahiran Kelurahan Tumbang Talaken, Kecamatan Manuhing ini  mengimbau kepada masyarakat agar jangan ragu mengikuti vaksinasi, karena vaksin sudah terbukti aman dan dinyatakan halal.

“Saya sendiri sudah divaksin dosis pertama dan dosis kedua. Sampai saat ini keadaan saya baik-baik saja,” papar wakil rakyat dari daerah pemilihan II yang meliputi Kecamatan Rungan Hulu, Rungan, Rungan Barat, Manuhing, dan Manuhing Raya ini.

Bagi masyarakat yang sudah divaksin diingatkan agar selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan seperti mengenakan masker saat ke luar rumah, rajin mencuci tangan dengan sabun dan air bersih mengalir, menjaga jarak fisik, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Terpisah, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Gumas Evelnie mengatakan, secara umum target vaksinasi di kabupaten bermoto Habangkalan Penyang Karuhei Tatau adalah 101.495 orang.

“Hingga 8 November 2021, capaian dosis pertama adalah 43,62 persen dan capaian dosis kedua 25,09 persen. Untuk capaian dosis pertama, Manuhing merupakan kecamatan tertinggi se-Gumas,” demikian Evelnie.

Baca juga: Kabupaten Gumas berupaya gali potensi olahan pangan lokal

Baca juga: Bupati Gumas sampaikan Raperda APBD 2022, berikut komposisinya

Baca juga: Legislator Kalteng: Segera perbaiki kerusakan jalan Palangka-Gumas