Tanggulangi COVID-19, Pemkab Katingan terima bantuan Rp 500 juta

id Bupati Katingan, Kalimantan Tengah, Sakariyas, Katingan, Kabupaten Katingan, Kalteng, batuan COVID-19, COVID-19

Tanggulangi COVID-19, Pemkab Katingan terima bantuan Rp 500 juta

Bupati Katingan Sakariyas (tiga dari kiri) menerima secara simbolis bantuan dana penanggulangan COVID-19, Jumat (12/11/2021). ANTARA/HO-Bagian PKP Setda Katingan

Kasongan (ANTARA) - Bupati Katingan Kalimantan Tengah, Sakariyas menerima secara langsung bantuan dari PT Kasongan Bumi Kencana (KBK) berupa dana untuk penanggulangan COVID-19 sebesar Rp 500 juta.

"Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada PT. KBK yang telah banyak membantu Kabupaten Katingan," kata Sakariyas di Kasongan, Jumat.

Dia mengaku, selama ini perusahaan besar swasta bidang pertambangan emas itu telah banyak membantu dalam penanganan COVID-19 maupun bencana lainnya serta turut membantu pembangunan di wilayah Kabupen Katingan.

"PT KBK tidak hanya kali ini memberikan bantuan kepada Pemkab Katingan melalui hibah," ucap orang nomor satu di Katingan.

Ia menyampaikan dana bantuan tersebut akan dimasukkan ke kas daerah yang nantinya akan digunakan untuk penanganan COVID-19. Disebutkannya untuk tahun ini kemungkinan akan menjadi silva kas daerah karena perubahan anggaran sudah selesai.

Sementara itu, Sekretaris Satgas COVID-19 Kabupaten Katingan Roby menyampaikan dalam rangka pemutusan mata rantai penyebaran COVID-19 pagi tadi, jajarannya telah melaksanakan kegiatan penyemprotan disinfektan di beberapa tempat di sekitar Kecamatan Katingan Hilir.

Roby yang juga Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencama Daerah atau BPBD Kabupaten Katingan menyebutkan lokasi yang disemprot disinfektan diantaranya kantor Kejaksaan Negeri, kantor Pengadilan Negeri, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak Kabupaten Katingan, kantor KP2KP, Disperindag, rumah warga di jalan Katunen dan Taman Hijau.

"Selama kegiatan penyemprotan berjalan dengan lancar dan aman," kata Roby.

Baca juga: Bupati Katingan minta masyarakat tingkatkan kewaspadaan terhadap peredaran narkoba

Dari data yang dirilis oleh oleh Media Center Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalteng, Jumat (12/11) jam 15.00 WIB, kasus suspek atau yang sebelumnya dikenal ODP dan PDP, dilaporkan di Katingan sebanyak 38 orang.

Untuk kasus Probable di Katingan sebanyak 23 orang. Total terkonfirmasi sampai saat ini sebanyak 1802 orang, yang sembuh sebanyak 1737 orang dan yang meninggal sebanyak 65 orang.

Baca juga: Bupati Katingan harapkan pilkades serentak berjalan lancar dan damai