Dishub berencana memperindah dermaga dan pelabuhan di Kobar

id Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Amir Hadi, Dinas Perhubungan Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Kotawar

Dishub berencana memperindah dermaga dan pelabuhan di Kobar

Kepala Dinas Perhubungan Kobar Amir Hadi (kanan) mengecek sejumlah aset daerah yang dikelola pihaknya di Kobar, kemarin. ANTARA/HO-Prokom Kobar

Pangkalan Bun (ANTARA) - Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Amir Hadi menyatakan bahwa hasil dari pengecekan dan inventarisasi ke dermaga maupun pelabuhan di wilayah setempat, sampai sekarang ini masih dalam kondisi baik serta terjaga.

"Meskipun begitu, ada beberapa dermaga yang perlu dilakukan perawatan dan diperindah, agar lebih memberikan kenyamanan kepada masyarakat selaku pengguna," ucap Amir di Pangkalan Bun, kemarin.

Dia pun mencontohkan Dermaga Indrasari yang berada tepat di belakang Pasar Indrasari, Pangkalan Bun. Di mana beberapa kayu sebagai lantai di dermaga tersebut, perlu dilakukan pergantian karena terlihat sudah mulai lapuk dan berbahaya bila dipergunakan.

Kemudian, Pelabuhan Roll on Roll Off (Roro) di Kumai yang sampai saat ini masih dipergunakan untuk angkutan orang-orang maupun bongkar muat barang, juga perlu dilakukan penataan dan pengecatan agar terlihat semakin indah serta nyaman.

"Dermaga penyeberangan wisata yang berda di Kumai juga perlu dilakukan perawatan, agar lebih indah. Jadi, ketika kondisi sudah normal pasca COVID-19, dermaga penyeberangan itu menjadi daya tarik bagi wisatawan," beber Amir.

Baca juga: Kobar targetkan vaksinasi minimal 90 persen di akhir tahun 2021

Dishub Kobar merawat dan memperindah dermaga dan pelabuhan di wilayah setempat, selain mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat, juga menindaklanjuti perintah dari Bupati Kotawaringin Barat Nurhidayah.

Dia mengatakan bupati menginginkan seluruh aset pemerintah kabupaten, terkhusus yang dikelola oleh Dishub Kobar, harus diinvetarisasi secara detail, dijaga, dirawat dan diperindah. Dengan begitu, aset-aset yang ada bisa dipergunakan dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Kami sudah menginventarisasi sekaligus melihat kondisi aset Pemkab Kobar yang dikelola Dishub. Ternyata ada banyak asetnya dan ini yang kedepan bakal terus kami jaga dan rawat,"Amir.

Baca juga: Program prioritas 'Nurani' di Kobar dituntaskan tahun 2022.

Baca juga: Optimalkan penanggulangan narkoba, Desa Bersinar diperbanyak di Kobar

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2021