Tiga hari kedepan, hujan sedang-lebat terjadi di wilayah Gunung Semeru

id hujan Gunung Semeru,hujan sedang-lebat terjadi di wilayah Gunung Semeru,Maha Meru,hujan lebat sedang

Tiga hari kedepan, hujan sedang-lebat terjadi di wilayah Gunung Semeru

Wisatawan melihat dari dekat lokasi bencana letusan gunung Semeru di dusun Sumbersari, Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur, Kamis (9/12/2021). Sejumlah wisatawan tetap nekat mendekati lokasi jalur aliran lahar untuk berswafoto dan membuat konten media sosial meskipun sudah diperingatkan tentang bahaya banjir lahar hujan yang masih berpotensi terjadi. ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/hp

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat di kawasan puncak dan lereng Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur untuk waspada potensi hujan sedang hingga lebat tiga hari mendatang.

"Wilayah Gunung Semeru, sampai dengan tiga hari ke depan kami melihat masih ada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat terutama di siang hari," ujar Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG Fachri Radjab dalam konferensi pers yang diikuti secara daring dari Jakarta, Jumat.

Fachri mengimbau pihak-pihak yang bertugas dalam upaya percepatan penanganan bencana awan panas guguran Gunung Semeru, untuk menjadikan hal ini sebagai kewaspadaan.

"Untuk kawasan puncak Semeru itu antara jam 12.00 WIB hingga 15.00 WIB, untuk di kawasan lereng juga sama, siang menjelang sore itu masih ada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Ini yang perlu menjadi kewaspadaan kita," ujar dia.

Fachri mengatakan BMKG akan terus memberikan informasi setiap jam mengenai perkembangan potensi hujan yang berlangsung di kawasan Gunung Semeru selama masa tanggap darurat berlangsung.

Menurut catatan BMKG, prakiraan cuaca hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berpotensi terjadi di kawasan rawan bencana (KRB) Gunung Semeru yang meliputi, Kecamatan Poncokusumo, Kecamatan Wajak, Kecamatan Tirtoyudo dan Kecamatan Ampel Gading di Kabupaten Malang.

Kemudian Kecamatan Senduro, Kecamatan Pasrujambe, Kecamatan Candipuro, Kecamatan Tempursari dan Kecamatan Pronojiwo di Kabupaten Lumajang.