Pemkab Murung Raya sambut UHC tahun kelima berturut-turut

id uhc murung raya,bpjs kesehatan mura,dinas kesehatan ,murung raya, kalteng,uhc kelima,bpjs kesehatan muara teweh,puruk cahu

Pemkab Murung Raya sambut UHC  tahun kelima berturut-turut

Kepala Dinas Kesehatan Murung Raya dr Suria Siri dan Pps Kepala BPJS Kesehatan Murung Raya Istiari Hardini menandatangani kerja sama UHC 2022 di Puruk Cahu, Senin (20/12/2021).ANTARA/HO-BPJS Kesehatan Muara Teweh

Puruk Cahu (ANTARA) - Pemerintah Daerah Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah, bersama dengan BPJS Kesehatan Muara Teweh  teken  perjanjian kerja sama penyelenggaraan jaminan kesehatan nasional bagi penduduk  kabupaten setempat atau Universal Health Coverage (UHC) 2022 yang merupakan tahun kelima.

"Cakupan kesehatan semesta (UHC) Kabupaten Murung Raya ini merupakan yang kelima berturut-turut sejak 2018 lalu," kata Kepala Dinas Kesehatan Murung Raya Suria Siri di Puruk Cahu, Senin.

Menurut dia, Pemerintah Daerah terus mendukung terselenggaranya program Jaminan kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) untuk memberikan jaminan kesehatan secara menyeluruh bagi masyarakat di Kabupaten Murung Raya.

"Dengan komitmen dari jajaran pemerintah daerah terutama dari Bupati Murung Raya dan dinas terkait, harapannya tidak ada lagi yang tidak punya kartu JKN-KIS sehingga semua masyarakat di Murung Raya dapat tercover," kata Suria.

Adanya keterbatasan anggaran dampak dari pandemi, kata dia, sedikit banyak menjadi tantangan sendiri agar UHC dapat tetap berlanjut tahun depan.

"Pemkab Murung Raya tetap terus berupaya agar semua kewajiban pembayaran dapat terpenuhi dengan penganggaran yang memadai," kata dia.

Dalam kesempatan yang sama, Pejabat Pengganti Sementara (Pps) Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Murung Raya Istiari Hardini menyebutkan sebanyak 63.974 peserta telah didaftarkan dalam segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP) yang dibayarkan oleh pemerintah daerah.

"Ada 63.974 peserta yang termasuk dalam segmen PBPU/BP yang didaftarkan oleh Pemkab Murung Raya, dengan jumlah tersebut maka total persentase apabila dijumlah dengan segmen kepesertaan lainnya, jumlah kepesertaan JKN-KIS di daerah ini pada tahun 2022 sebesar 100 persen," ungkap Isti.

Ia juga mengucapkan terima kasih atas dukungan dan komitmen pemerintah daerah dalam memberikan kepastian layanan bagi masyarakat melalui program JKN-KIS.

"Kami ucapkan terima kasih dan apresiasi sebesar-besarnya kepada Pemerintah Kabupaten Murung Raya yang telah kembali mendapat predikat UHC di tahun depan dan semoga kerja sama yang terjalin selama ini semakin baik ke depannya untuk bersama memberikan layanan kesehatan berkualitas bagi masyarakat," ujar Isti.