Kunjungi Sampit, Kapolda Kalteng minta masyarakat tidak khawatir

id Kunjungi Sampit, Kapolda Kalteng minta masyarakat tidak khawatir, kalteng, sampit, kotim, kotawaringin Timur

Kunjungi Sampit, Kapolda Kalteng minta masyarakat tidak khawatir

Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Pol Nanang Avianto saat berkunjung ke Gereja Maranatha Sampit dalam pemantauan Operasi Lilin Telabang 2021, Minggu (26/12/2021). ANTARA/HO-Polres Kotim

Sampit (ANTARA) - Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Pol Nanang Avianto meminta masyarakat Kabupaten Kotawaringin Timur tidak khawatir dalam beraktivitas, termasuk beribadah Natal karena aparat akan selalu memberikan pengamanan dengan baik. 

“Tidak perlu khawatir. Tetap beribadah karena kami Polri akan selalu menjaga dan selalu hadir di setiap rangkaian kegiatan dalam rangka Hari raya Natal dan tahun baru 2022," tegas Nanang di Sampit, Minggu. 

Hal itu juga disampaikannya saat mengunjungi Gereja Maranatha Sampit yang merupakan Gereja tertua di kota Sampit. Rombongan diterima oleh pengurus gereja setempat. 

Dalam kunjungan ini Nanang Kombes Pol Andreas Wayan Wicaksono, Direktur Polairut Kombes Pol Pitoyo Agung Yuwono serta Kapolres Kotawaringin Timur AKBP Abdoel Harris Jamin dan jajarannya. 

Kunjungan silaturahmi tersebut sebagai untuk menyakinkan masyarakat bahwa Polri bersama instansi lainnya sangat serius dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Pelaksanaan ibadah Natal juga dijaga oleh aparat gabungan dari Polri, TNI dan pemerintah daerah. 

Seperti diketahui, masalah keamanan di daerah ini menjadi sorotan masyarakat setelah penangkapan tiga terduga teroris yang dua orang diantaranya ditangkap di Sampit pada Selasa (12/21) malam lalu. 

Polisi pun meningkatkan pengamanan untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan. Namun masyarakat diimbau tidak terlalu khawatir atau takut karena aparat keamanan terus meningkatkan keamanan. 

Sementara itu, kunjungan ini merupakan rangkaian pemantauan pelaksanaan Operasi Lilin Telabang 2021. Kapolda mengecek Posko Ops Lilin Telabang 2021 di Bandara H Asan dan Posyan Pelabuhan Pelindo III di Kabupaten Kotawaringin Timur. 

Baca juga: Pelaku UMKM berharap 'Kotim Fair' kembali digelar

Kunjungan Kapolda ke Pos Pengamanan Hari Natal dan tahun baru 2021 juga disambut oleh Kepala Kantor KSOP Kelas III Sampit, Ignatius Maun, Kasat Polair Polres Kotim selaku Kaposyan Ops Lilin Telabang 2021 Pelabuhan Sampit AKP Herbet Simanjuntak, Pelaksana Tugas Kapolsek Kawasan Pelabuhan Mentaya, Iptu Sriyono, General Manager PT Pelindo III Cabang Sampit, Ahmad Fajar dan pemangku kepentingan terkait di Pelabuhan Sampit.

Kapolda memberikan arahan dan penekanan kepada petugas di Pos Pelayanan Ops Lilin Telabang 2021 di Pelabuhan Sampit agar selalu meningkatkan kewaspadaan dalam bertugas terkait  pengamanan Nataru 2021 di sekitar Pos Terpadu Pelabuhan Sampit.

Petugas diingatkan agar selalu meningkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dalam bertugas terkait  pengamanan Nataru 2021 sehingga potensi gangguan bisa dideteksi dan diatasi sejak dini. 

"Mantapkan kerja sama, sinergi dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi di Pos Terpadu demi terciptanya situasi yang kondusif," demikian Nanang. 

Dalam kesempatan ini Kapolda Kalteng juga memberikan bingkisan untuk bekal anggota yang berada di Posyan Ops Lilin 2021 di Pelabuhan Sampit. Dia berpesan agar anggota yang melaksanakan pengamanan selalu menjaga kesehatan serta tetap menjalankan protokol kesehatan karena pandemi COVID-19 belum berakhir. 

Baca juga: 33 warga binaan Lapas Sampit terima remisi Natal

Baca juga: Forkopimda Kotim gencarkan pencegahan radikalisme pasca penangkapan terduga teroris di Sampit

Baca juga: Objek wisata di Kotim berpotensi diguyur hujan saat Natal