Pensiunan ASN jadikan JKN-KIS jaminan jaga kesehatan

id Bpjs kesehatan palangka raya, pensiunan asn manfaatkan jkn kis, kesehatan, palangka raya, kalteng

Pensiunan ASN jadikan JKN-KIS jaminan jaga kesehatan

Foto Dokumentasi - Peserta JKN-KIS Yunita (kanan) saat berada di RSI PKU Muhammadiyah Palangaka Raya beberapa waktu lalu. (ANTARA/HO-BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya)

Palangka Raya (ANTARA) - Seorang pensiunan aparatur sipil negara (ASN) Darno (68), memanfaatkan Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sebagai jaminan dalam menjaga kesehatan.

"Di usia bapak saat ini, kondisi kesehatannya sering kali menjadi permasalahan yang harus dihadapi. Beruntung ada program JKN-KIS yang sangat membantu dalam pengobatan, sebagai upaya menjaga kesehatan," kata Yunita Sari selaku menantu Darno di Palangka Raya, Jumat.

Dia menerangkan, salah satu fasilitas kesehatan (faskes) yang menjadi pusat pengobatannya yakni di Rumah Sakit Islam PKU Muhammadiyah Palangka Raya, seperti saat Darno menjalani pengobatan anemia atau kekurangan darah.

Yunita mengatakan, di usia senja, menjadi sebuah keharusan bagi mertuanya memiliki jaminan kesehatan. Ia pun bersyukur karena orang tua suaminya sudah mempunyai JKN-KIS sebagai peserta penerima pensiunan PNS.

"Akhir-akhir ini beliau sering ada masalah kesehatan. Terakhir beliau menderita anemia, jadi harus selalu jaga-jaga untuk kondisinya bapak, syukurnya bapak sudah punya JKN-KIS," terang wanita 33 tahun itu.

Dia mencontohkan, seperti belum lama ini, mertuanya juga menjalani transfusi darah sebanyak dua kali dan saat ini menunggu transfusi yang ketiga.

Sebagai seorang anak, Yunita sadar betul pentingnya memerhatikan kondisi mertuanya. Selama mendampingi saat menjalani perawatan di rumah sakit, ia mengaku senang dengan pelayanan yang diberikan.

Ia mengatakan proses administrasi untuk mendapatkan pelayanan rawat inap menggunakan JKN-KIS juga mudah dan tidak ada kendala. Dari hari pertama sampai hari tiga perawatan, semuanya berjalan lancar.

"Bagi kami, program ini sangat bermanfaat dan membantu. Tak hanya untuk peserta berusia lanjut tetapi untuk kita yang masih mudah," kata wanita yang juga berprofesi sebagai ASN tersebut.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya Muhammad Masrur Ridwan mengatakan, Program Jaminan Kesehatan ini telah banyak menolong peserta dan langsung dirasakan manfaatnya.

"Untuk itu kami akan terus berinovasi dan meningkatkan layanan sehingga masyarakat terutama para peserta, semakin merasakan dampak hadirnya negara dalam menjamin kesehatan masyarakatnya," jelasnya.