Bupati Seruyan serahkan alat bantu untuk penyandang disabilitas

id Bupati Seruyan serahkan alat bantu untuk penyandang disabilitas, kalteng, seruyan

Bupati Seruyan serahkan alat bantu untuk penyandang disabilitas

Bupati Seruyan Yulhaidir saat menyerahkan bantuan kursi roda dan kruk alat bantu jalan kepada penyandang disabilitas di Kuala Pembuang, Selasa (4/1/2022). ANTARA/HO-Prokom Seruyan

Kuala Pembuang (ANTARA) - upati Seruyan, Kalimantan Tengah Yulhaidir menyerahkan alat bantu berupa kursi roda dan kruk atau alat bantu untuk berjalan kepada 26 orang penyandang disabilitas di Kecamatan Seruyan Hilir dan Seruyan Hilir Timur.

“Sebanyak 26 orang penyandang disabilitas yang berada di dua kecamatan kita berikan bantuan sosial untuk memudahkan mereka beraktivitas,” kata Yulhaidir di Kuala Pembuang, Selasa.

Dia mengatakan bantuan sosial alat bantu bagi penyandang disabilitas ini bertujuan untuk meningkatkan mobilitas dan kemandirian penyandang disabilitas dalam melakukan  kegiatan dasar.

“Jadi, dengan adanya bantuan tersebut masyarakat disabilitas itu bisa mewujudkan kemandirian dalam berkarya dan diharapkan dapat memberikan motivasi terhadap mereka,” harapnya.

Dia menyampaikan hal tersebut merupakan bentuk kepedulian Pemkab Seruyan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Bumi Gawi Hantantiring ini. Bantuan tersebut diharapkan bermanfaat bagi penerima. 

Dia menjelaskan, bantuan ini merupakan program Atensi yaitu layanan rehabilitasi sosial terintegrasi dengan pendekatan berbasis keluarga yang merupakan upaya Dinas Sosial dalam meningkatkan dukungan keluarga atau "family support" terhadap keluarga penyandang disabilitas.

Baca juga: DKPP Seruyan sebut masa tanam padi alami penundaan

Dia mengharapkan agar Dinas Sosial setempat bisa melaksanakan pendampingan dalam membantu para penyandang disabilitas agar lebih berdaya, mandiri dan mampu melaksanakan fungsi sosial di masyarakat.

“Meskipun mereka dalam segala keterbatasan, namun mereka tetap berhak mendapatkan pelayanan yang sama seperti masyarakat pada umumnya,” ungkapnya.

Dia menambahkan, bahwa penyandang disabilitas adalah aset bangsa dan sudah kewajiban pemerintah mendukung mereka dalam menjalankan fungsi sosial di lingkungan masyarakat, serta dalam mengakses sumber-sumber yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung program rehabilitasi sosial bagi penyandang disabilitas.

“Kita harap pelayanan kepada masyarakat penyandang disabilitas itu bisa dimaksimalkan baik dari segi sosial  dalam meningkatkan sumber daya manusia, sehingga mereka bisa berinovasi untuk membawa kesejahteraan dan kemajuan daerah,” demikian Yulhaidir.

Baca juga: Warga Desa Sembuluh I minta bibit dan pakan ikan

Baca juga: Legislator minta program pengambilalihan pengelolaan SPAM IKK dilanjutkan

Baca juga: Waket DPRD Seruyan: Optimalkan anggaran sektor pendidikan