Kemenkumham sumbang darah peringati Hari Bhakti Imigrasi

id Kanwil kemenkumham kalteng, donor darah kemenkumham, kemanusiaan, palangka raya, kalteng

Kemenkumham sumbang darah peringati Hari Bhakti Imigrasi

Pejabat Kanwil Kemenkumham Kalteng diperiksa petugas sebelum mengikuti donor darah di Palangka Raya, Rabu, (19/1/2022). (ANTARA/Ho-Kanwil Kemenkumham Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Provinsi Kalimantan Tengah menyumbangkan puluhan kantong darah dalam peringatan ke-72 tahun Hari Bhakti Imigrasi.

"Suatu kehormatan untuk kita semua karena masih diberikan kesempatan menjadi seseorang yang memberikan manfaat untuk orang lain, melalui kegiatan donor darah," kata Kakanwil Kemenkumham Kalteng Ilham Djaya di Palangka Raya, Rabu.

Kegiatan donor darah merupakan berkah yang harus disyukuri karena peserta tidak berada di posisi orang yang akan menerima darah. Menurut dia, kegiatan donor darah memiliki manfaat yang sangat luar biasa, tak hanya bagi diri pendonor namun juga bagi orang lain yang membutuhkan.

"Beberapa tetes darah yang kamu sumbangkan bisa menjadi sangat berarti bagi orang lain. Manfaat donor darah tidak hanya menguntungkan bagi si penerima saja, tetapi juga bagi para pendonor," terang Ilham.

Pelaksanaan donor darah yang dimulai pukul 08.00 WIB itu, diperuntukkan bagi pegawai Kantor Wilayah dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan dan Imigrasi di Kota Palangka Raya. Setidaknya 30 kantong darah terkumpul dari 50 peserta donor.

Turut menjadi peserta pada kegiatan yang dilaksanakan di halaman Kanwil Kemenkumham Kalimantan Tengah ini seperti Pejabat Struktural di Kantor Wilayah dan UPT, Para Kepala UPT Pemasyarakatan dan Imigrasi di Kota Palangka Raya serta staf JFT, JFU dan PPNPN.

Sebelum melakukan donor darah dan dinyatakan dapat berpartisipasi, peserta harus mengisi formulir dan wajib melalui beberapa proses pemeriksaan. Pemeriksaan kesehatan itu meliputi tensi tekanan darah, pemeriksaan gula darah.

Aksi donor darah ini sebagai bentuk solidaritas sosial pejabat dan pegawai jajaran Kanwil Kemenkumham Kalimantan Tengah terhadap sesama. Selain itu juga menjadi rangkaian kegiatan yang diselenggarakan untuk memperingati ke-72 Hari Bhakti Imigrasi.

"Kami berharap, pelaksanaan donor darah kali ini dapat membantu masyarakat yang membutuhkan dan memenuhi permintaan darah yang meningkat ke PMI. Semoga ke depan kegiatan serupa lebih sering dilakukan," kata Ilham Djaya.