Legislator Gumas apresiasi pemdes berpartisipasi sukseskan vaksinasi

id Dprd gumas, desa tanjung riu, vaksinasi, covid 19, arit s bajau, pandemi, kekebalan kelompok, kalteng

Legislator Gumas apresiasi pemdes berpartisipasi sukseskan vaksinasi

Kades Tanjung Riu Walter S Sindi menerima vaksin dosis kedua di desa setempat, Sabtu, (5/2/2022). (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Legislator Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Arit S Bajau mengapresiasi pemerintahan desa yang turut berpartisipasi mendukung percepatan vaksinasi COVID-19.

Salah satunya seperti perangkat desa Pemerintah Desa Tanjung Riu, Kecamatan Kurun yang telah menerima dosis lengkap vaksin COVID-19, katanya saat dihubungi dari Kuala Kurun, Sabtu.

“Perangkat desa di Tanjung Riu telah menerima vaksin dosis pertama dan kedua. Saya harap kinerja mereka semakin baik usai menerima vaksin dosis lengkap,” ucapnya.

Dikatakan olehnya, vaksinasi bertujuan menciptakan kekebalan kelompok. Vaksinasi memang tidak membuat seseorang menjadi kebal 100 persen, namun akan mengurangi dampak yang ditimbulkan jika terpapar COVID-19.

Perangkat desa, tutur dia, sering bersentuhan langsung dengan masyarakat karena memiliki kewajiban memberi pelayanan kepada masyarakat. Artinya, perangkat desa juga rentan terpapar COVID-19.

Wakil rakyat dari daerah pemilihan I meliputi Kecamatan Sepang, Mihing Raya dan Kurun ini menyebut, dengan telah menerima dosis lengkap maka diharap perangkat desa lebih terlindungi dan tenang saat bekerja, sehingga pelayanan kepada masyarakat akan semakin baik.

Lebih lanjut, dia juga mengajak masyarakat agar tidak ragu mengikuti vaksinasi, baik itu untuk anak usia enam tahun ke atas, umum, warga lanjut usia, serta vaksinasi dosis ketiga atau booster.

“Kepada mereka yang sudah mengikuti vaksinasi dosis kedua saya ingatkan agar tidak ragu mengikuti vaksinasi booster. Vaksinasi booster dilaksanakan enam bulan setelah menerima vaksinasi dosis kedua,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Desa Tanjung Riu Walter S Sindi mengatakan, seluruh perangkat desa di pemerintahan desa setempat telah menerima vaksin dosis lengkap pada Sabtu (5/2).

“Puskesmas Tampang Tumbang Anjir melakukan pelayanan vaksinasi di desa kami. Untuk perangkat desa semua sudah menerima vaksin dosis lengkap, beberapa masyarakat kami juga sudah mengikuti vaksinasi dosis lengkap,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Puskesmas Tampang Tumbang Anjir Nevie Ervina mengatakan pihaknya melaksanakan pelayanan vaksinasi ke desa-desa yang berada di wilayah kerja mereka, termasuk Tanjung Riu.

“Ada vaksin anak, masyarakat umum, lansia, baik dosis pertama maupun dosis kedua, serta vaksin booster. Kami terus berupaya agar masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Tampang Tumbang Anjir menerima vaksin,” demikian Nevie.