Antisipasi banjir, Polda Kalteng sediakan 10 perahu penyelamat

id Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah, Irjen Pol Nanang Avianto, Kalimantan Tengah, Polda Kalimantan Tengah, Polda, Polda Kalteng, Kalteng

Antisipasi banjir, Polda Kalteng sediakan 10 perahu penyelamat

Kapolda Kalteng Irjen Pol Nanang Avianto menyerahkan pengayuh perahu penyelamat secara simbolis kepada personel di jajaran yang hadir dalam kegiatan tersebut yang dilaksanakan di halaman Barigas Polda Kalteng, Senin (14/3/2022). ANTARA/Humas Polda Kalteng

Palangka Raya (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah Irjen Pol Nanang Avianto, menyerahkan 10 perahu penyelamat ke beberapa jajarannya, sebagai upaya membantu mengantisipasi bencana banjir yang rawan terjadi di sejumlah daerah.

Kabid Humas Polda Kalteng Kombes Pol Kismanto Eko Saputro di Palangka Raya, Senin, mengatakan, penyerahan 10 perahu penyelamatan untuk antisipasi banjir di sejumlah wilayah itu dilaksanakan di halaman Barigas Mapolda setempat.

"Sebanyak 10 perahu penyelamat diserahkan bapak Kapolda kepada Direktorat Samapta, Direktorat Polairud, Satuan Brimob Polda Kalteng, Polresta Palangka Raya dan Polres Katingan," kata Eko.

Dia menuturkan, pemberian bantuan tersebut juga sebagai bentuk dukungan dari pimpinan, karena di sejumlah daerah sering terjadi banjir yang sifatnya dadakan,sehingga harus diantisipasi.

Dengan adanya perahu penyelamat, tentunya personel di jajaran yang sudah terlatih dan mendapatkan perahu tersebut juga siap membantu masyarakat yang nantinya menjadi korban bencana banjir.

"Diharapkan dengan adanya bantuan perahu ini dapat membantu para personel dalam menjalan tugas di lapangan nantinya," ungkapnya.

Perwira Polri berpangkat melati tiga itu menambahkan, di akhir penyampaian amanatnya dalam kegiatan penyerahan perahu penyelamat itu, Kapolda juga menekankan kepada para Kasatker untuk menjadwalkan pelatihan-pelatihan baik internal maupun gabungan dengan instansi terkait.

Apabila sudah dilaksanakan, tentunya personel yang sudah terlatih tidak akan canggung menghadapi bencana banjir tersebut karena sudah piawai dalam mengoperasionalkan sejumlah sarana prasarana di lapangan.

"Tingkatkan terus pelatihan kemampuan khususnya personel dan sarana prasarana. Sehingga pada saat terjadi musibah banjir para personel sudah siap untuk dipergunakan," tutur Eko mencontohkan amanat yang dibacakan Kapolda Kalteng.

Sejumlah daerah yang sering dilanda banjir seperti Kabupaten Lamandau, Barito Utara, Katingan Pulang Pisau dan Kota Palangka Raya. Hampir setiap tahun banjir yang melanda daerah tersebut cukup mengganggu aktivitas masyarakat di daerah itu.

Baca juga: Karya hasil FFP bantu edukasi masyarakat

Baca juga: Wakapolda Kalteng periksa kesiapan Polres Barito Utara bantu tangani karhutla