Peningkatan struktur perekonomian jadi fokus pembangunan Bartim 2023

id Peningkatan struktur perekonomian jadi fokus pembangunan Bartim 2023, kalteng, Bartim, barito timur, ampera ay mebas

Peningkatan struktur perekonomian jadi fokus pembangunan Bartim 2023

Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas (tengah) didampingi Wabup Habib Said ABdul Saleh dan Sekda Panahan Moetar. ANTARA/Habibullah 

Tamiang Layang (ANTARA) - Arah kebijakan pembangunan Pemerintah Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah pada 2023 difokuskan pada peningkatan struktur perekonomian karena dinilai sangat dibutuhkan.

“Tema pembangunan 2023 adalah perwujudan masyarakat barito timur yang andal dan berdikari. Titik berat pembangunan ada pembangunan struktur perekonomian,” kata Ampera AY Mebas di Tamiang Layang, Minggu.

Menurutnya, pembangunan struktur perekonomian merupakan komposisi dalam peranan masing-masing sektor dalam perekonomian, baik menurut lapangan usaha maupun pembagian ke dalam beberapa sektor yakni sektor primer, sekunder dan tersier.

Ampera meminta instansi teknis terkait dalam hal perdagangan dan perindustrian bisa meningkatkan kualitas dan pemasaran produk industri lokal. Diperlukan inovasi seperti pengembangan industri kreatif, penguatan lingkungan yang kondusif bagi dunia usaha dan investasi.

Selain itu, tambahnya, pengembangan industri berbasis kawasan, pemotongan rantai distribusi barang dan jasa, penyediaan kebutuhan barang atau komoditas lokal.

“Perlu juga dukungan dari instansi teknis dalam pengembangan sumber daya manusia,” kata Ampera lagi.

Baca juga: Bupati Bartim optimistis daerahnya kembali raih WTP

Untuk itu, kata dia, instansi teknis perlu melakukan upaya peningkatan kompetensi dan keterampilan tenaga kerja sesuai kebutuhan lapangan kerja daerah saat ini dan akan datang.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah Barito Timur, Franz Sila Utama mengatakan, fokus pembangunan tahun 2023 sudah dimasukkan dalam rancangan akhir Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) tahun 2023.

“Musrenbang kabupaten sudah terlaksana beberapa waktu dan lalu telah menyepakati pokok-pokok kesepakatan yang dituangkan dalam Berita Acara Musrenbang. Selanjutnya menjadi bahan dalam penyusunan rancangan akhir RKPD Kabupaten Barito Timur Tahun 2023,” kata Franz.

Dijelaskan Franz, arah dan kebijakan umum program pembangunan Kabupaten Barito Timur tahun anggaran 2023 tertuang dalam RPJMD Kabupaten Barito Timur Tahun 2018-2023 dimana kepala perangkat daerah memiliki tugas pokok dan fungsi bidang infrastruktur, ekonomi kerakyatan dan kesehatan.

Baca juga: Pemkab dan Polres Bartim awasi distribusi minyak goreng

Baca juga: Bupati minta kerja sama KBSS--PT SGM sejahterakan masyarakat Bartim

Baca juga: Rimau Group komitmen dukung percepatan target vaksinasi di Bartim