Waket DPRD Seruyan minta pengembangan komoditas perikanan ditingkatkan

id Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Bambang Yantoko, DPRD Kabupaten Seruyan, DPRD Seruyan, Kabupaten Seruyan, Seruyan, Kalteng

Waket DPRD Seruyan minta pengembangan komoditas perikanan ditingkatkan

Wakil Ketua I DPRD Seruyan Bambang Yantoko di Kuala Pembuang, ANTARA/HO-Publikasi DPRD Seruyan.

Kuala Pembuang (ANTARA) - Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Bambang Yantoko mendorong sekaligus meminta kepada instansi terkait dalam hal ini Dinas Perikanan setempat, agar meningkatkan pengembangan komoditas perikanan di daerah pemilihan II (Dapil II).

"Peningkatan komoditas  perikanan di dapil II yang meliputi Kecamatan Seruyan Raya, Hanau, Danau Sembuluh dan Danau Seluluk itu sangat perlu dilakukan untuk kesejahteraan masyarakat," kata Bambang di Kuala Pembuang, Rabu.

Menurut dia, komoditas perikanan di dapil II ini seperti kebanyakan makan jenis air tawar, sehingga pengembangannya sangat diperlukan seperti meningkatkan program bantuan kepada nelayan seperti alat tangkap, alat transportasi air untuk nelayan tangkap sedangkan nelayan budidaya bisa melalui program bibit dan pakan ikan.

"Dengan adanya program-program tersebut komoditas perikanan di dapil II bisa terus ditingkatkan," kata Legislator Seruyan itu.

Dia mengaku, dari pantauan tim reses Dapil Il di wilayah setempat adalah salah satu  daerah sentra penghasil ikan yang lumayan melimpah, sehingga potensi tersebut harus benar-benar maksimal dikembangkan agar dapat membawa kesejahteraan bagi masyarakat.

"Di empat kecamatan Dapil II itu sektor perikanannya sangat melimpah. Untuk itu, kami mendorong dinas terkait untuk membantu para nelayan setempat," kata Bambang.

Politisi Partai Golongan Karya (Golkar) itu menambahkan, untuk pemasaran hasil perikanan di Dapil Il tidak terlalu sulit, karena selain untuk konsumsi di pasar-pasar yang ada wilayah setempat, juga di pasarkan ke kabupaten sekitar. Hal tersebut merupakan potensi yang sangat besar hanya saja yang harus lebih dimaksimalkan itu peningkatan hasil perikanan baik itu dari nelayan tangkap maupun budidaya.

"Kalau kita lihat kan pemasarannya cukup mudah dan  potensi tersebut sangat luar biasa, oleh sebab itu kami menyarankan kepada Pemkab  agar memaksimalkan peluang tersebut dengan mengembangkan komoditas perikanan ini menjadi lebih baik lagi," demikian Bambang.

Baca juga: PUPR diminta mengaspal jalan di Seruyan Raya lanjutkan sampai tuntas

Baca juga: Ketua DPRD Seruyan: Masyarakat UPT Tanggul usulkan pemekaran desa

Baca juga: Legislator Seruyan: Perbaiki bangunan Puskesmas di Danau Sembuluh