Dinas Pariwisata Katingan sediakan hiburan di Bukit Batu saat lebaran

id Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah, Risnaduar, Kabupaten Katingan, hiburan di Bukit Batu saat lebaran, hiburan di Kebun Ray

Dinas Pariwisata Katingan sediakan hiburan di Bukit Batu saat lebaran

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Katingan Risnaduar. ANTARA/Dokumen Pribadi.

Kasongan (ANTARA) - Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah, Risnaduar membenarkan pihaknya akan membuka untuk umum tempat wisata Bukit Batu dan Kebun Raya Katingan pada saat lebaran tahun 2022 ini.

"Ya, sudah bisa dan akan ada kegiatan atau acara hiburan di Bukit Batu dan Kebun Raya Katingan saat lebaran," kata Risnaduar di Kasongan, Kamis.

Dia menyampaikan kegiatan saat lebaran di lokasi wisata Bukit Batu Kasongan rencananya akan digelar acara kesenian daerah dan budaya, seperti lomba atau festival tarian daerah dan Karungut serta parade pakaian adat.

Sedangkan di lokasi wisata Kebun Raya Katingan akan diadakan hiburan rakyat berupa pagelaran musik dangdut dari semua genre diantaranya koplo, original dan remix.

"Hari ini kami akan melaksanakan rapat internal dengan bidang pemuda, budaya dan pariwisata untuk memformulasikan kegiatan," kata Risnaduar.

Terkait perizinan keramaian dari pihak Polres dan Satgas Covid-19 Katingan, Risnaduar mengatakan akan segera melakukan koordinasi kepada kedua pihak tersebut termasuk untuk memenuhi persyaratan administrasinya.

Dia optimis izin akan didapat karena berdasarkan Inmendagri Nomor 21 tahun 2022, Kabupaten Katingan masuk Level II sehingga dibolehkan  mengadakan kegiatan seni, budaya dan sosial pada area publik. 

Baca juga: Operasional RS Pratama Tumbang Samba menunggu izin Kemenkes

Dia mengaku pada saat ini pihaknya sedang sibuk-sibuknya mempersiapkan segala sesuatu demi lancarnya kegiatan tersebut. Termasuk membicarakan settingan pembagian waktu dua acara agar tidak berbarengan dengan Dinas Lingkungan Hidup. 

Serta membahas berapa restribusi dan tarif masuk dan pembagian untuk PAD dan panitia pelaksana. Harapannya dua acara dapat berjalan lancar dan memberikan hiburan kepada masyarakat sekaligus mempromosikan dua tempat wisata tersebut.

"Saya juga sudah mengkomunikasikan secara lisan mengenai kegiatan tersebut kepada bapak Bupati dan beliau sepakat. Kami pastikan ada kegiatan di dua tempat wisata itu pada hari raya Idul Fitri yang akan datang," demikian Risnaduar.

Baca juga: Disdukcapil Katingan 'jemput bola' perekaman data kependudukan