IKA PMII Kotim jadi yang pertama di Kalteng

id IKA PMII Kotim jadi yang pertama di Kalteng, kalteng, KNPI, PMII, ika PMII, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur

IKA PMII Kotim jadi yang pertama di Kalteng

Sekretaris Wilayah IKA PMII Kalteng Jayadi melantik Pengurus Cabang IKA PMII Kotawaringin Timur yang diketuai Pahnai, Jumat (20/5/2022). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA PMII) Kabupaten Kotawaringin Timur resmi terbentuk dan menjadi IKA PMII kabupaten/kota pertama di Kalimantan Tengah. 

"Kami berharap IKA PMII Kotawaringin Timur bisa berbuat banyak untuk organisasi dan masyarakat. Kerja sama bisa dilakukan pada bidang-bidang tertentu dengan dinas terkait seperti Dinas Sosial, Dinas Tenaga Kerja dan lainnya," kata Sekretaris Wilayah IKA PMII Kalimantan Tengah Jayadi di Sampit, Jumat. 

Harapan itu disampaikan Jayadi usai melantik Pengurus Cabang IKA  Kotawaringin Timur yang diketuai Pahnai. Pelantikan dilaksanakan di aula KNPI Kotawaringin Timur. 

Acara dihadiri Staf Ahli Bupati Najmi Fuadi, serta sejumlah alumni PMII seperti Muhammad Tohari yang juga Ketua Badan Pengawas Pemilu Kotawaringin Timur, Ketua KNPI Kotawaringin Timur sekaligus ketua panitia acara Endra Rosana, serta sejumlah pengurus Nadhlatul Ulama Kotawaringin Timur. 

Jayadi berpesan agar IKA PMII ikut mengawal pembangunan di Kotawaringin Timur. IKA PMII diharapkan juga turun melakukan sosialisasi membantu pendampingan masyarakat seperti di bidang UMKM, hukum dan lainnya. 

"IKA PMII juga diharapkan berpartisipasi dalam penyerapan anggaran APBD melalui program-program yang dijalankan dalam kemitraan dengan pemerintah daerah. Kami rasa banyak peluang yang bisa diambil," jelas Jayadi. 

Baca juga: Legislator Kotim dukung pelestarian seni bela diri tradisional

Ketua Pengurus Cabang IKA PMII Kotawaringin Timur, Pahnai mengatakan, IKA PMII yang dipimpinnya merupakan IKA PMII kabupaten/kota pertama yang terbentuk di Kalimantan Tengah.

Pihaknya segera mendaftarkan IKA PMII ke Badan Kesatuan Bangsa dan Politik sebagai organisasi yang baru muncul di Kotawaringin Timur sehingga dah secara hukum. 

"Untuk kegiatan, kami akan bermitra dengan pemerintah dan segera melakukan pembinaan internal. Kami juga akan menjadi sosial kontrol terkait masalah sosial kemasyarakatan," ujar Pahnai. 

Sementara itu acara yang dirangkai dengan halalbihalal itu juga diisi dengan pemberian bantuan sembako kepada sejumlah warga kurang mampu untuk meringankan beban hidup mereka. 

Ketua panitia acara, Endra Rosana mengaku bersyukur IKA PMII resmi terbentuk dan acara berjalan lancar. Kegiatan terasa meriah karena juga dihadiri senior PMII yang kini berkecimpung di berbagai bidang seperti politisi, pengusaha, ulama, PNS dan lainnya. 

Baca juga: Drainase Sampit perlu penataan ulang cegah banjir

Baca juga: DPRD dorong Pemkab Kotim segera bangun pabrik kelapa sawit

Baca juga: DPRD Kotim prihatin sangat banyak desa belum menyediakan perpustakaan