Fasilitas kesehatan di Kotim diingatkan kedepankan kemanusiaan

id Fasilitas kesehatan di Kotim diingatkan kedepankan kemanusiaan, DPRD kotim, Ary Dewar, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur

Fasilitas kesehatan di Kotim diingatkan kedepankan kemanusiaan

Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, H Ary Dewar. ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah Ary Dewar mengingatkan seluruh fasilitas layanan kesehatan di daerah ini untuk selalu mengedepankan nilai kemanusiaan dalam melayani masyarakat. 

"Apalagi kalau kondisi pasiennya perlu penanganan cepat, maka harus segera ditangani. Nanti urusan administrasi bisa belakangan. Jangan sampai masalah administrasi menjadi kendala masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan," tegas Ary Dewar di Sampit, Senin. 

Politisi yang juga menjabat Ketua DPC Partai Gerindra Kotawaringin Timur ini mengingatkan, pemerintah bertanggung jawab memberi pelayanan kesehatan kepada masyarakat. 

Ini juga sesuai perintah Bupati Halikinnor yang berulang kali menegaskan bahwa masalah administrasi jangan sampai menghambat pelayanan kesehatan. Jangan sampai ada puskesmas atau rumah sakit di daerah ini yang tidak memberi pelayanan kepada masyarakat hanya karena kendala administrasi. 

Pelayanan juga tidak boleh ada diskriminasi. Warga tidak mampu yang pengobatannya ditanggung pemerintah daerah atau negara, juga berhak mendapat pelayanan terbaik oleh petugas kesehatan atau tenaga medis. 

Petugas kesehatan adalah orang-orang yang sudah membaktikan diri untuk kemanusiaan. Sudah seharusnya mereka selalu mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan dan memperlakukan setiap pasien dengan baik dan ramah. 

Baca juga: Legislator dorong sinkronisasi program CSR di Kotim

Sikap yang baik dari petugas saat memberikan pelayanan juga harus terus dievaluasi. Masih sering warga mengeluh tentang sikap petugas yang dinilai kurang ramah saat melayani pasien. 

"Kasihan masyarakat kita, apalagi mereka yang datang dari jauh. Justru mereka harus dibantu dan dipermudah kalau mereka kesulitan terkait administrasi," sambung Ary Dewar. 

Ary mendukung pelayanan kesehatan terus ditingkatkan. Dia juga mendorong pemerataan kualitas layanan kesehatan agar masyarakat di pelosok tidak perlu harus jauh-jauh datang ke Sampit untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang dibutuhkan. 

Saat ini RSUD dr Murjani Sampit menjadi tumpuan pelayanan kesehatan di Kotawaringin Timur. Selain itu, ada rumah sakit pratama yang dioperasikan di Kecamatan Parenggean, Cempaga Hulu, Mentaya Hilir Selatan dan dilanjutkan di Telawang. 

Pengoperasian rumah sakit pratama tersebut agar mendekatkan pelayanan masyarakat di empat penjuru wilayah Kotawaringin Timur, selain puskesmas yang tersebar di setiap kecamatan. 

Baca juga: Legislator Kotim usulkan bus sekolah untuk kecamatan

Baca juga: Penanganan abrasi Pantai Ujung Pandaran perlu dukungan pemerintah pusat

Baca juga: Legislator: Penerapan K3 di Kotim perlu pengawasan rutin